beritaGustiawan

Koperasi Ponpes Dalwa Pusat Direnovasi Menjadi Dalwa Mall

0

Bangil, Dalwa Berita – Arsitek pembangunan Ponpes Dalwa, Habib Ahmad Baagil, memberi informasi terkait pembangunan Dalwa Mall di Ponpes Dalwa Pusat.

Dalam keterangannya, adanya pembangunan Dalwa Mall tersebut disebabkan koperasi yang sudah tidak layak dinikmati oleh para santri. Beliau mengungkap, pembangunan tersebut sekaligus menjadi renovasi koperasi Ponpes Dalwa Pusat.

“Dillihat koperasi saat itu sudah kumuh dan sudah tidak layak dinikmati santri, akhirnya Abuya minta pembangunan ini dipercepat. Itu renovasi asalnya koperasi dan tetap jadi koperasi, kemudian ada penambahan ruang,” ucap beliau kepada Dalwa Berita di Dalwa Hotel Syari’ah, Selasa (27/12/2022).

Pembangunan tersebut sudah mencapai tahap finishing. Adapun tempo pembangunan lebih cepat dari yang diperkirakan.

“Secepatnya, harusnya satu tahun, tapi ini memang masih berjalan 5 atau 6 bulan. Sekarang tinggal finishing, tinggal pengiriman mabel sama semuanya, kemudian Januari insya Allah sudah bisa dioperasionalkan,” ungkap beliau.

Kemudian beliau menyebutkan denah dalam bangunan Dalwa mall tersebut.

“Lantai 1 untuk koperasi sama dan toko kitab, kemudian lantai 2 itu untuk ritel-ritel yang disewakan khusus untuk asatidz, kemudian ada Dalwa Collection. Di lantai 3 itu untuk tempat cukur rambut. Di lantai 4 itu ada cafe, ruang meeting untuk Abuya, kemudian ada ruang arobiyah terbuka,” sebut beliau.

Lebih lanjut, beliau menyebutkan alasan disediakan tempat khusus untuk pangkas rambut.

“Jadi saat ini cukur rambut itu di mana-mana, sehingga Abuya minta cukur rambut untuk terkoordinir di sana nanti,” tutur beliau.

Adapun kafe merupakan Dalwa Caffe Syari’ah yang akan dipindahkan dari Dalwa 4 yang akan diganti menjadi Dalwa Fried Chicken.

“Kafe di Dalwa 4 akan ditutup dan dipakai khusus untuk DFC (Dalwa Fried Chicken). Kafe kita tutup dan alat-alatnya kita pindah,” tukas beliau.

Tujuan direnovasinya koperasi ini adalah untuk menghormati ilmu serta untuk memenuhi kebutuhan para santri agar mereka betah dan nyaman dalam menuntut ilmu di pesantren.

“Tujuan utama terhadap apa yang diusahakan Abuya memang satu, untuk ta’dzimul ilmi (menghormati ilmu), bukan untuk bangga-banggaan, bukan untuk show up ke halayak. Kedua, untuk pemenuhan kebutuhan santri, biar santri itu lebih kerasan dan lebih enjoy,” ungkap beliau.

Dengan adanya pembangunan Dalwa Mall tersebut, santri diwajibkan untuk menjaga apa yang telah dibangun oleh Abuya Habib Zein Baharun.

“Setelah pemenuhan fasilitas dengan daya dan upaya, dengan memeras darah dan keringat, kalian santri tugasnya harus menjaga apa yang telah Abuya usahakan,” pungkas beliau.Gustiawan/red.

Gustiawan Arqi

Festival Dunia Arab 4.0 ASEAN, Dalwa Berhasil Sabet 3 Juara

Previous article

Wildan Isma Emir Abrori, S.E., M.T.

Next article

Comments

Leave a reply