beritaGustiawanKampus

Pembekalan SPL, Prodi SKI IAI Dalwa Adakan Seminar Sejarah

0

Bangil, Dalwa Berita – Mahasiswa Prodi SKI IAI Dalwa mengikuti seminar dalam rangka pembekalan SPL (Studi Praktek Lapangan) di Rhousefah Room, Dalwa Hotel Syariah pada Senin siang (3/1/2022).

Seminar dengan tema “Sejarah Islamisasi Jawa dan Tantangannya” ini dinarasumberi oleh Dr. Susianto, M.Ag., salah satu dosen dari Universitas Sultan Agung Semarang.

Doktor kelahiran Semarang tersebut mengungkapkan bahwa terdapat kosakata bahasa Arab di dalam kitab Gatotkacasraya dan kitab Bharatayudha yang merupakan kitab sastra peninggalan sejarah Indonesia era kerajaan.

“Yang aneh dalam kitab Gatotkacasraya dan kitab Bharatayudha yang menggunakan bahasa Jawa kuno, ternyata sudah tercampur oleh kosakata bahasa Arab,” ujarnya.

Beliau juga melanjutkan bahwa tercampurnya bahasa Jawa dengan bahasa Arab itu tidak akan terjadi kecuali pernah berinteraksi menggunakan bahasa Arab.

“Hal itu tidak akan terjadi kecuali interaksi yang intens dengan bangsa Arab,” lanjutnya.

Selain itu, pengaruh indianisasi merupakan penghalang dakwah Islam pada masa tersebut. “Tantangannya tak lain berasal dari pengaruh indianisasi,” tuturnya.

Beliau berpesan pada mahasiswa Prodi SKI bahwa tugas mereka adalah menulis sejarah Islam hingga dapat mengangkat jati diri seorang Muslim.

“Banyak sejarah Islam yang harus kita tulis, dan semakin banyak tulisan maka akan mengangkat jati diri kita sebagai seorang muslim,” pesannya ketika diwawancara.

Seminar tersebut ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Ustaz Arifurrahman dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.Gustiawan/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Ikuti Seminar Pembekalan PPL

Previous article

Pesiapan Mursal, Panitia SPM Adakan Talk Show Sebagai Pembekalan

Next article

Comments

Leave a reply