AsrofiberitaEvent Pondok

Peringati Maulid Nabi, Ponpes Dalwa Gelar Khitanan Massal dan Pawai Seni Budaya

0

Bangil, Dalwa Berita –  Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. 1444 H, Ponpes Darullughah Wadda’wah bersama masyarakat Desa Raci, Rembang, dan desa lainnya menggelar khitan massal pada Kamis (13/10/2022) di Klinik Utama PHC Dalwa.

Sebelum dikhitan, para peserta yang berjumlah 257 anak yang menaiki delman dan kereta kelinci diarak dengan pawai dari Ponpes Darullughah Wadda’wah dan berakhir di Klinik Utama PHC Dalwa.

Beragam penampilan turut memeriahkan kegiatah rutin dua tahunan ini. Mulai dari penampilan Dalwa Fashion Carnival, RFW (Rachee Fashion Week), budaya daerah; tarian dan alat musik, drum band, badut, atraksi kuda, dan sepeda hias.

Karena terhambat pandemi covid, acara ini sempat tertunda dan dapat terlaksana pada tahun ini.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini dibuka secara simbolis dengan pelepasan balon udara oleh Abuya Zain Baharun, Camat Bangil, Kapolsek Bangil, beserta perangkat desa lainnya dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Departemen Kesiswaan Ponpes Dalwa, Ustaz Ismail Ayyub mengatakan bahwa kegiatan ini lebih maju dan berkembang daripada pelaksanaan khitan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Orang-orang yang menghias dalam keterampilan ini bagus, berarti pesantren kita telah mengikuti perkembangan zaman, namun tetap dalam koridor syariah. Peserta khitan juga lebih banyak, terdiri 30 persen Raci, 10 persen Pandean, sisanya 20 persen diambil dari daerah-daerah KKN, seperti Tosari. Kita juga buka online, namun kita batasi. Mudah-mudahan tahun depan tak terbatas,” papar Ustaz Ismail.

Camat Bangil, Pak Komari menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar ponpes Dalwa karena telah melaksanakan kegiatan khitan massal bersama masyarakat setempat.

“Ini sangat luar biasa. Atas nama pemerintah kami ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Ponpes Dalwa. Ini akan menjadi bentuk kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pondok pesantren,” ujar beliau.

drg. Purwanti Aminingsih, Ph.D selaku Plt. Direktur Utama PT. Pelindo Husada Citra (PHC) menyatakan bahwa persiapan yang dilakukan oleh Klinik Dalwa sudah baik, karena telah dipersiapkan jauh-jauh hari.

“Sebulan terakhir, kita sudah saling berkomunikasi, saling berkolaborasi untuk menyelenggarakan khitan massal ini. Kurang lebih 250 anak yang dikhitan. Kami dari tenaga medis menerjunkan 2 dokter dan 16 perawat,” katanya saat diwawancarai Dalwa Berita.

Walaupun terlihat beberapa anak sempat menangis dalam proses khitan, tidak menyurutkan semangat dan keberanian mereka untuk mengikuti tradisi ini. Hal ini terlihat jelas dari raut wajah A. Chasani asal desa Raci.

“Awalnya ketakutan banget tadi, tapi saya beranikan saja, ternyata tidak terlalu sakit juga,” ujar A. Chasani, salah satu peserta khitan.

Wali peserta khitan, Bapak Pamaji dari Pandean merasa senang dengan adanya khitanan massal. Selain itu, ia menuturkan rasa terima kasih kepada Ponpes Dalwa karena merasa terbantu dengan adanya program ini.

“Alhamdulillah, saya merasa senang dan puas. Kita merasa terbantu. Apalagi, anak saya gembira tadi karena diarak naik kereta kelinci,” kata Pak Pamaji.

Seusai khitanan massal, anak-anak tersebut diberikan hadiah dan bingkisan. Acara selanjutnya, panitia menyediakan penampilan tarian daerah dan nasyid oleh santri Dalwa, serta atraksi badut untuk menghibur masyarakat, peserta khitan dan santri yang hadir.Asrofi/red.

 

Asrofi Asfahani

Pesan Menjelang Liburan

Previous article

Pembekalan KKN, HMJ MPI Adakan Diklat Jurnalistik

Next article

Comments

Leave a reply