beritaEvent PondokIlham Maulidi

Perlombaan FILA Telah Dimulai

0

Bangil, Dalwa Berita Perlombaan Festival Ihya’ul Lughatil Arabiyah (FILA) telah dimulai sejak Senin (2/1/2023) lalu.

Perlombaan ini diikuti oleh delapan ittihad (organisasi santri daerah), di antaranya ISKAB (Kalimantan Barat), ISRAR (Kalimantan Selatan, Utara dan Timur), ASAD JABAR (Jawa Barat), AS-SAJA’AH (Jawa Tengah), ASWAJA (Jawa Timur), ISMA (Madura), Sumatra dan Sanubari Jaya.

Perlombaannya antara lain debat bahasa Arab, cerdas cermat, pembacaan syair, menulis artikel bahasa Arab, pidato bahasa Arab dan hafalan kosa kata bahasa Arab.

Al-Habib Zein Al-Munawwar selaku Ketua Panitia FILA mengungkapkan bahwa perlombaan pada tahun ini lebih diperketat dengan beberapa ketentuan.

“Di mulai dari penyisihan, karena kita gak mau lomba itu cuma sekedar lomba, tapi kita pilih mana santri Dalwa yang berkualitas, terus diuji tapi kualitasnya tetap terjaga,” ungkapnya ketika diwawancara Dalwa Berita, Selasa siang (03/01/2023).

Beliau menekankan kepada Qismu Lughah (Divisi Bahasa Arab) agar lebih memberikan perhatian khusus pada perlombaan debat bahasa Arab.

“Terutama pada lomba debat bahasa Arab, kita lebih  memberi perhatian, karena lomba debat tidak cuma pandai berbicara bahasa Arab, tapi pikiran bermain, tulisan dan  membaca dari sumber-sumber sebagai landasan bicara. Maka, itu menjadi perhatian khusus kita,” tuturnya.

Beliau berharap dengan adanya perlombaan seperti ini dapat menambah semangat santri dalam mengembangkan kemahiran dalam berbahasa Arab serta menjadi bahasa sehari-hari sebagai mana yang Abuya Zein Baharun inginkan.

“Kita ingin menghidupkan apa yang menjadi keinginan kita semua, yaitu ihyaul lughah (menghidupkan bahasa Arab). Ini adalah cara kita memberi semangat dan mudah-mudahan bisa membanggakan Abuya Habib Zein,” pungkas beliau.Ilham/red.

Gustiawan Arqi

Belajar Kepemimpinan, HMPS MPI Adakan Musyahadah Ilmiah

Previous article

Syekh asal Madinah Kunjungi Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply