beritaSandi

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Dalwa Siapkan Ratusan Judul Kitab Baru

0

Bangil, Dalwa Berita –  Perpustakaan Assayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani yang berada di Ponpes Dalwa Pusat siapkan ratusan kitab terbaru dan ragam inovasi untuk kembangkan minat baca santri.

Nur Kholis selaku sekretaris Pepustakaan Al-Maliki Dalwa menyampaikan bahwa pihak perpustakaan sedang menyiapkan 970 judul kitab terbaru untuk dibaca para santri dari Pimpinan Pesantren, Abuya Zein Baharun, pada Ramadhan tahun lalu.

“Jumlah keseluruhan kitab yang sekarang sudah ada 3.350 judul kitab, sedangkan kalau jumlah eksemplarnya belum kita data. Kadang 1 judul bisa ada 10 sampai 12 eksemplar,” ungkap santri asal Surabaya kepada Dalwa Berita, Sabtu (13/08/2022).

Selain kitab baru, ia juga menyampaikan bahwa pihak pustakawan ke depannya akan kembali menjalankan program-program dalam meningkatkan semangat baca para santri yang sempat terhenti karena wabah corona tahun lalu, seperti memberikan hadiah bagi santri yang paling sering mengunjungi perpustakaan, mengadakan lomba menulis, mengadakan musyawarah fiqhiyah dan meminta para dewan pengajar untuk memberikan pekerjaan rumah.

“Untuk pengunjung paling sering, pihak kita sedang mengusahakan untuk pemberian hadiahnya dibarengi dengan acara takrim di masjid (penghargaan yang diberikan pesantren untuk santri yang dapat nilai 300 dalam ujian bulanan),” ujarnya.

Dalam pengembangannya, pihak pustakawan juga mengungkapkan bahwa mereka sedang mencoba program terbaru dalam mengkaji kitab Sirajul Wahhaj Fi Syarhi Minhaj karangan Syekh Zukhri Al-Gomrowy yang diadakan 1 pekan sekali pada malam Ahad.

Pustakawan juga mengabarkan bahwa tak lama lagi perpustakaan Al-Maliki yang bertempat di samping kantor Abuya tersebut, akan berpindah tempat ke bangunan 9 lantai yang sedang dalam tahap pembangunan, dan akan menjadi lebih besar dan nyaman.

“Untuk lebih jelasnya kita memang belum dikasih tahu, cuman kalau untuk gambaran, katanya bakal dibikin satu lantai khusus untuk dijadikan perpustakaan,” ungkapnya.Sandi/red.

Gustiawan Arqi

Tilik Kegiatan Tahfidz Mutun Sebagai Bekal Dakwah Para Santri

Previous article

HMJ MPI IAI Dalwa Ikuti Rapat Koordinasi IMMAPSI Wilayah III

Next article

Comments

Leave a reply