beritaEvent PondokHilmi

Persiapkan Reuni Al-Hasaniyah, Unit Kesehatan Ponpes Dalwa Adakan Pelatihan Bekam

0

Bangil, Dalwa Berita – Unit Kesehatan Ponpes Dalwa mengadakan pelatihan bekam di Dalwa Hotel Syariah pada Jumat (13/01/2023) dan Sabtu (14/01/2023).

Ahmad Nur Rahman memaparkan, adanya pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan acara reuni para alumni Dalwa yang diadakan dua tahun sekali.

“Kita itu pengkaderan santri-santri untuk acara reuni Al-Hasaniyah 2 tahun sekali,” ucapnya.

Pelatihan ini dibagi menjadi dua hari. Pada hari pertama peserta diberikan materi tentang bekam dan pada hari kedua peserta melakukan praktik setelah mendapatkan arahan dari narasumber.

“Untuk acara ada dua hari, yang hari pertama kita teori tentang bekam, untuk hari kedua kita lebih mendalam lagi, yaitu praktik,” jelasnya.

Adapun peserta kegiatan terdiri dari cabang divisi kesehatan yang berada di setiap kamar, santri yang memiliki kemampuan bekam dan ingin mengetahui lebih lanjut terkait ilmu bekam.

dr. Ferdian Trimulya, A.Md.A.K. sebagai narasumber memaparkan bahwa bekam merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

“Bekam bagi saya sangat penting, untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk menjaga vitalitas kerja kita dan menjalankan sunnah Rosul,” jelas beliau.

Beliau juga memaparkan bahwa hanya melakukan bekam di bagian tengkuk bisa mengatasi 72 penyakit. Bekam juga bisa sebagai sarana yang bisa digunakan dalam berdakwah.

“Selama ini jarang yang mengenal bekam, santri itu juga akan berdakwah di rumahnya dan bekam itu adalah ilmu yang sangat bermanfaat (untuk mendukung dakwah mereka),” pungkas beliau.

Tidak hanya itu, beliau mengungkapkan harapannya untuk santri Dalwa ketika sudah bisa membekam.

“Saya berharap dan saya berdoa ketika santri sudah paham apa itu bakam, mereka bisa menyebarkan ilmu itu kepada masyarakat yang mereka temui,” tukas beliau.

Nadhifa Ananda, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan perasaannya seusai menjalani pelatihan bekam tersebut.

“Alhamdulillah saya mendapatkan faedah dan ilmu yang banyak sekali salah satunya praktek bekam dan itu sangat penting sekali,” ucapnya.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Panitia Hadirkan Ketua IMLA di Seminar Nasional Hari Bahasa Arab Sedunia Via ZOOM

Previous article

Tilik Kegiatan PKL Prodi HKI UII Dalwa di Pengadilan Agama Probolinggo

Next article

Comments

Leave a reply