beritaEvent PondokGustiawan

Peserta SPM Tahun Ajaran 1444 H/1445 H Resmi Dilepas

0

Bangil, Dalwa Berita – Peserta Santri Praktik Mengajar tahun ajaran 1444 H-1445 H resmi dilepas pada Sabtu siang (6/5/2023) di Masjid Baitul Ghoffar.

Acara pelepasan dilakukan secara dimbolik dengan mengumumankan lokasi tugas dari masing-masing peserta SPM yang dilakukan oleh Dr. Sholahuddin Hasyim, M.H., selaku pengurus SPM.

Peserta SPM ditempatkan di pesantren-pesantren yang ada di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi selama 10 bulan.

Pada kesempatan itu, Dr. Sholahuddin Hasyim, M.H. menekankan agar lembaga yang menerima peserta SPM menjalankan program Triwulan, yaitu mengirimkan laporan mengenai perkembangan peserta SPM setiap 3 bulan sekali.

“Ditekankan agar kita tahu perkembangan anak-anak SPM,” ucap beliau.

Adapun peserta SPM yang notabene semester 6, otomatis tidak bisa mengikuti program KKN, sehingga mereka diwajibkan untuk menulis laporan dari masa tugas tersebut. Hal itu sengaja diterapkan karena pihak pesantren menilai bahwa kegiatan SPM juga dinilai sebagai pengabdian kepada masyarakat.

“Jika kebetulan yang peserta SPM yang sudah waktunya KKN tapi terhambat karena menjadi guru tugas, mereka diwajibkan menulis laporan sebagaimana yang dilakukan peserta KKN,” ucap beliau ketika diwawancara oleh Dalwa Berita.

Di samping itu, beliau akan melakukan kunjungan ke tempat tugas peserta SPM yang ada di Jawa Timur untuk memantau perkembangan peserta. Adapaun untuk peserta yang ditugaskan di luar Jawa Timur, pihak Ponpes Dalwa akan menghubungi pengurus Ponpes untuk menanyakan perkembangan mereka.

“Kita akan kunjungi mereka. Untuk yang di luar Jawa Timur akan kami usahakan. Tapi, jika tidak memungkinkan, kita hubungi lewat WA,” tambahnya.

Ustaz Qoimuddin, selaku Ketua Departemen Pendidikan Ponpes Dalwa berpesan agar peserta SPM menjaga nama baik pesantren.

“Kalian membawa nama Pesantren Dalwa, Jika kalian cacat, maka otomatis nama pesantren kita juga demikian,” pesan beliau ketika memberikan mauizah hasanah.Gustiawan/red.

Gustiawan Arqi

Workshop Terakhir SPM Sukses Digelar Setelah 2 Kali Pengunduran Jadwal

Previous article

Datangkan Syekh dari Manca Negara, Santri Dalwa Tak Perlu Repot Belajar ke Luar Negeri

Next article

Comments

Leave a reply