AsrofiberitaKampus

PKL Prodi HKI Adakan Workshop Praktikum KUA

0

Bangil, Dalwa Berita – Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) IAI DALWA Menggelar Workshop Praktikum KUA dan Simulasi Akad Nikah yang bertempat di Rhosefah Room, Dalwa Hotel Syariah pada Kamis siang (13/1/2022).

Acara yang dihadiri oleh Kaprodi, dosen dan mahasiswa HKI ini dinarasumberi oleh Ustaz Mohamad Bustomi Latif Rozi, S.Ag. selaku penghulu dan kepala KUA Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Ustaz Abdul Kadir, M.Ag. selaku Kepala Program Studi HKI IAI Dalwa menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk pembekalan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) dan bahan pembuatan skripsi bagi mahasiswa PKL dan pendalaman bidang jurusan.

“Ini nanti berimbas pada skripsi, sehingga kami perlu mendatangkan tutor. Harapannya mahasiswa dapat memperhatikan dan memahami teori praktikum akad nikah dengan benar. Jangan sampai asing dengan isi jurusannya,” ujarnya.

Dalam menyampaikan materi, Ustaz Mohamad Bustomi Latif Rozi, S.Ag. memaparkan bahwa KUA tidak hanya bertugas dalam hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan saja, tetapi juga menangani masalah manasik, wakaf, dan zakat.

Penghulu kelahiran Nganjuk itu menegaskan kebenaran data calon mempelai. Karena jika salah bisa mengakibatkan kejadian yang fatal.

“Kebenaran data manten harus benar-benar diperhatikan. Di Malaysia, untuk mengetahui kelamin mempelai diharuskan telanjang. Pernah terjadi juga saat menikahkan pasangan ternyata kedua manten sama-sama perempuan atau keduanya sama-sama laki-laki,” kata ustaz lulusan IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta itu (sekarang UIN).

Eky Rahmat, mahasiswa semester 7 Prodi HKI sekaligus salah satu peserta workshop mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang telah mengikuti acara ini.

“Saya sangat senang telah mengikuti pembekalan PKL tentang nikah karena sesuai dengan jurusan saya. Jadi, saya bisa mengetahui lebih dalam tentang KUA dan saya beruntung banget bisa ikut andil dalam simulasi tersebut,” ungkapnya.Asrofi/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

PKL KPI IAI Dalwa Adakan Seminar Public Speaking

Previous article

Eksklusif! Silaturahmi Pemenang Lelang Cincin Habib Segaf Baharun

Next article

Comments

Leave a reply