AsrofiberitaEvent Pondok

Ponpes Al-Falah Bandung Gelar Studi Banding dengan Ponpes Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita – Ponpes Al-Qur’an Al-Falah Bandung gelar silaturahmi sekaligus studi banding ke Ponpes Dalwa di Rhousefah Room, Dalwa Hotel Syariah pada Rabu malam (5/1/2022).

Acara yang dihadiri oleh jajaran pengasuh dan dewan guru dari kedua pesantren ini bertujuan untuk memajukan sistem pendidikan lembaga, menjalin kerjasama dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ustaz Hasan Basri mengatakan bahwa anak yang paham Al-Qur’an lebih cepat hafal dikarenakan dia memahami apa yang dibacanya.

“Anak-anak yang paham Al-Qur’an lebih cepat menghafalnya, karena mereka memahami apa yang dibaca,” ungkapnya.

Rektor I IAI Dalwa, Ustaz Solahuddin Hasyim, M.H.I. mengatakan bahwa pendidikan formal Dalwa telah di bawah naungan Kemenag dan memadukan antara pendidikan pesantren dengan pendidikan formal. Sehingga, lembaga hanya mengajarkan apa yang tidak ada di pesantren.

“Pendidikan formal Dalwa berada di bawah naungan Kemenag. Jadi, kami hanya mengajarkan apa yang tidak ada di pesantren, seperti matematika, IPA, IPS.  Sedangkan, pelajaran fikih, tauhid, Sejarah Kebudayaan Islam tidak diajarkan karena sudah ikut pelajaran pondok,” tutur beliau.

Ustaz Rif’at Syahid selaku salah satu dewan pengasuh Ponpes Al-Falah mengungkapkan apresiasinya atas perkembangan Ponpes Dalwa yang pesat.

“Perkembangan Ponpes Darullughah Wadda’wah sangat luar biasa perkembangannya dan patut kita imbangi juga apa kiat-kiatnya,“ ujar beliau.

Beliau juga berharap agar silaturahmi antara Ponpes Al-Qur’an Al-Falah dan Ponpes Dalwa akan lebih baik lagi dan memberikan manfaat bagi masing-masing lembaga.

“Harapan kami silaturahmi lebih baik lagi ke depan dan kita banyak menitipkan anak-anak kami yang melanjutkan ke sini, dan semoga banyak memberikan manfaat dari masing-masing lembaga,” ungkap beliau.

Acara berakhir pada pukul 20.48 WIB, ditutup dengan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dan dilanjutkan dengan sesi penyerahan cinderamata dari masing-masing lembaga.Asrofi/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Pesiapan Mursal, Panitia SPM Adakan Talk Show Sebagai Pembekalan

Previous article

Taaruf Lebih Dalam, Prodi KPI IAI Dalwa Gelar Seminar

Next article

Comments

Leave a reply