beritaEvent PondokRedaksiSandiSeminarTamuUlama

Ponpes Dalwa Terima Kunjungan Dekan Fakultas Syariah Universitas Al-Ahgaff, Yaman

0

Bangil, Dalwa Berita- Setelah sebelumnya dikunjungi oleh Rektor Universitas Al-Ahgaff Hadramaut, Yaman Habib Abdullah bin Muhammad Baharun pada tahun 2019 lalu, kini santri Dalwa kedatangan Dekan Fakultas Syariah dan hukum Al-Ahgaff, Al- Habib Dr. Abdullah bin Awad bin Sumaith.

Pada kunjungan silahturahmi antar Universitas Al-Ahgaff dan Ponpes Dalwa tersebut, beliau berkesempatan untuk mengisi seminar ilmiah tentang kebahasaan di Ponpes Dalwa pada Selasa malam (14/08/2024).

Mengakat tema “اختلاف الصيغ الصرفية و أثرها في تغير المعنى   (Perbedaan bentuk morfologi (shigoh)  dan pengaruhnya terhadap perubahan makna) acara dilangsungkan selepas Maghrib di Masjid Baitul Ghaffar yang diikuti oleh seluruh santri 3 tsanawiyyah hingga ‘aliyah.

Dalam pembahasannya beliau menekankan bahwa sedikit perubahan dalam kalimat Bahasa Arab, baik dari segi huruf atau harakat bahkan sekedar bentuk (sighot) dapat memberi pehaman yang berbeda bagi pendengar dalam menangkap pembicaraan kita.

Beliau menyebutkan bahwa masdar yang merupakan asal dari kosakata Bahasa Arab memiliki 10 pembagian, 3 dari kata kerja (fiil) dan 7 dari kata benda (isim), yang mana dari semua pembagian tersebut memiliki makna dan fungsinya masing-masing sehingga diperlukan kajian mendalam untuk memahaminya.

Pesan terpenting yang beliau sampaikan malam itu adalah agar para santri bisa mentadabburi setiap Al-Quran atau Hadis yang mereka baca, terutama dari bentuk kalimat yang mana keduanya merupakan asal yang menjaga keabsahan Bahasa Aab fushah.

“Baca (Al-Qur’an dan Hadis)  dengan perasaan , dengan pehaman; jangan cuman sekedar baca),” pesan beliau.Sandi/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Ribuan Masa Hadiri Haul Abuya Hasan & Mengenang 40 Hari Wafatnya Hubabah Khadijah

Previous article

Diplomatik Abuya Hasan dengan Ulama Yaman dalam Bidang Keilmuan

Next article

Comments

Leave a reply