beritaIlham MaulidiKampus

Prodi Esy Undang Markaz Design Indonesia untuk Bangun Jiwa Bisnis

0

Bangil, Dalwa Berita – Fakultas Ekonomi Syariah (ESy) IAI Dalwa mengadakan seminar Pelatihan Kewirausahaan di Dalwa Hotel Syariah pada Sabtu (15/1/2022).

Seminar tersebut membahas tentang pelatihan kewirausahaan yang dipandu langsung oleh Hendri Bayu dari Markaz Design Indonesia dengan tema “Saatnya Santri Punya Brand”. Beliau mengungkapkan bahwa santri memiliki peluang bisnis sangat besar dalam dunia kewirausahaan. Santri tidak hanya bisa mengajar, tapi juga harus bisa berbisnis.

“Karena banyak dari teman pondokan hanya bisa ngajar, teman santri juga mesti punya jiwa pebisnis,” ucapnya.

Beliau mengungkapkan bahwa zaman sekarang semua bidang bisnis sudah dipegang non muslim. Karena itu, diharapkan santri bisa menguasai bidang bisnis, bisa bersaing dengan pebisnis dari non muslim dan dapat memberikan lowongan perkerjaan untuk orang lain.

“Ketika memiliki jiwa bisnis, kita bisa membantu mereka yang tidak berkerja,” ujar beliau.

Beliau juga membagikan tips kepada pembisnis pemula, yaitu harus punya niat dan ikhtiar yang baik. Produk yang dijual juga harus yang bermanfaat dan berdampak untuk umat.

“Produk yang dari santri tersebut yang terpenting produknya bermanfaat dan berdampak buat umat,” katanya.

Markaz Design Indonesia juga dapat membantu santri yang ingin mulai membuka usaha. Santri bisa bergabung dengan Markaz Design Indonesia dengan syarat punya produk sendiri.

“Untuk santri Dalwa insya Allah gratis, monggo. Tapi syaratnya harus bersungguh sungguh dan memiliki produk sendiri,” kata Hendri.

Kaprodi Ekonomi Syariah, Ustaz Dr. Ahmad Misbah, M.Pd.I. berharap santri bisa jadi pengusaha dan memiliki produk sendiri yang nantinya bisa berguna untuk umat.

“Begitu mereka lulus dan punya produk bisa di kembangkan dan dakwah tetap kewajiban,” ujarnya.Ilham/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Pascasarjana IAI Dalwa Hadirkan Guru Besar Sosiologi dan Tafsir

Previous article

Nasib Akhir Zaman di Tangan Tukang Rebahan

Next article

Comments

Leave a reply