beritaKampusSandi

Prodi HKI IAI Dalwa Adakan Praktek Simulasi Sidang Perkara

0

Bangil, Dalwa berita – Mahasiswa PKL jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) IAI Dalwa telah melaksanakan Seminar Teori dan Praktek dalam Simulasi Sidang Perkara di Rhusaifah Room Dalwa Hotel Syariah, Kamis (27/1/2022).

Seminar diadakan guna menambah wawasan agar bisa membuat para mahasiswa mengetahui secara langsung tentang proses yang berjalan di pengadilan untuk menyelesaikan suatu masalah.

Dengan tema ‘’Proses Berjalannya Sidang Perceraian di Pengadilan’’, seminar tersebut menghadirkan staf ahli, Bpk. H. M. Jati Muharramsyah, S.Hg., S.H., M.H. selaku narasumber yang saat itu menjabat sebagai Ketua Pengadilan Bangil.

Seminar juga turut dihadiri oleh Kaprodi HKI Ustaz Abdul Qodir, M.Ag., Ustaz Zuhdi, Ustaz Hanifansyah dan jajaran dosen pembimbing lainya.

Sesi pertama adalah pembukaan, kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan disambung dengan kata sambutan oleh Kaprodi. Setelah itu, acara diisi dengan pemaparan materi oleh narasumber.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan tentang berbagai macam rentetan yang biasa terjadi di pengadilan, bahkan beliau juga menyebutkan berbagai masalah yang terkadang muncul dipersidangan.

“Bahkan yang terbunuh pun ada, sebagaimana yang terjadi dipengadilan Surabaya lalu,” ungkapnya.

Saat praktek, mahasiswa yang ditunjuk sebagai pelaku dalam acara persidangan terlihat cukup menjiwai dengan perannya, walaupun masih belum terbiasa karena baru pertama kali melakukan praktek tersebut. Narasumber dan asistennya dengan sabar membimbing para mahasiswa dalam menjalankan rentetan acara praktek persidangan.

Acara dilanjut dengan pemberian cendara mata dan ditutup dengan doa oleh Ustaz Abdul Qodir, sekaligus menjadi tanda berakhirnya acara seminar tersebut.

“Saya senang sekali dan acaranya sangat meriah, juga banyak ilmu yang berharga yang bisa digunakan oleh mahasiswa HKI kedepannya,” ungkap Ahmad Syadillah selaku peserta acara.Sandi/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

LPM Dalwa Berita Adakan Kuliah Jurnalistik dan Pelantikan Pengurus Baru

Previous article

Muhadharah Maidaniyah Ajang Santri Berlatih Ceramah

Next article

Comments

Leave a reply