beritaIlham Maulidi

Sambut Hari Raya Kurban, Panitia Kurban Adakan Sosialisasi Penyembelihan

0

Bangil, Dalwa BeritaPanita Dalwa Berkurban mengadakan sosialisai penyembelihan hewan kurban kepada anggota panitia di Tanah Dalwa Jadid pada Rabu sore (06/07/2022).

Acara sosialisasi ini dihadiri Ustaz Ismail Ayyub, Habib Muhsin Al-Hinduan dan Habib Nagib Al-Muthohhar.

Diadakannya sosialisasi bertujuan agar panitia kurban paham bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban sesusai dengan syariat Islam dan langsung praktik penyembelihan menggunakan dua ekor kambing sebagai uji cobanya.

Habib Muhsin terlihat sedang menjelaskan tata cara menyembelih sebelum mempraktikannya di hadapan para panitia Dalwa Berqurban.

Ustaz Islmail Ayyub mengatakan bahwa dalam penyembelihan hewan harus memantapkan hati dan menghilangkan rasa kasihan, karena jika masih menyimpan kasihan dapat menyebabkan keraguan dipertengahan penyembelihan yang akhirnya dapat menyakiti hewan tersebut.

“Yang terpenting dalam penyembelihan adalah tidak ada rasa kasihan, akhirnya ragu-ragu. Bisa-bisa kamu dosa nantinya, kambingnya jadi sakit. Maka harus mantapkan hati biar tidak ragu-ragu,” ungkap beliau.

Ustadz Ismail Ayyub didampingi Habib Muhsin sedang memberikan penjelasan mengenai penyembelihan hewan kurban kepada para panitia.

Praktik penyembelihan hewan kurban langsung dicontohkan oleh Habib Muhsin Al-Hinduan dengan menyembelih seekor kambing. Beliau mengungkapkan dalam penyembelihan harus menggunakan pisau yang tajam agar tidak menyakiti hewan kurban, sebagaimana yang dikatakan Ustaz Ismail dalam arahan sebelumnya.

Habib Muhsin juga memberikan kesempatan kepada ketua panitia kurban, Habib Zein Al-Munawwar, untuk menyembelih hewan kurban sebagai praktik. Tidak hanya tata cara penyembelihan, beliau juga mengajarkan tata cara menguliti kulit kambing yang benar kepada panitia kurban.

Terlihat panitia sedang praktik mengkuliti kambing sebelum nantinya akan mengkuliti lebih banyak kambing lagi saat Idul Adha tiba.

Di antara tugas-tugasnya, ada yang bertugas mengawasi datangnya hewan kurban dan mengecek kriteria hewan kurban tersebut sesuai syariat Islam. Apabila mendapatkan hewan kurban tidak sesuai dengan kriteria syariat, maka hewan tersebut wajib dikembalikan kepada penjual dan ditukar dengan hewan yang layak untuk dikurbankan.Ilham/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Hibur Santri Baru, Ponpes Dalwa Adakan Penyambutan Ausiya Al Musthofa dan Pelantikan ORSADA

Previous article

Terima Apresiasi dari Pejabat Kementerian Agama, IAI Dalwa Siap Menuju Universitas

Next article

Comments

Leave a reply