beritaIkatan Santri DaerahIlham Maulidi

Semangat Mencintai Waliyullah, Ittihad ISRAR Gelar Haul Guru Sekumpul

0

Bangil, Dalwa BeritaIttihad ISRAR (Ikatan Santri Banjar) mengadakan haul Guru Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari (Guru Sekumpul) ke-17 di lantai dua Masjid Baitul Ghoffar, Kamis malam (10/02/2022).

Ibrahim, Ketua Panitia acara tersebut mengatakan bahwa ISRAR setiap tahunnya memang selalu memperingati haul Guru Sekumpul itu.

“Memang udah adat istiadat dari tahun sebelumnya. Karena yang kita haul ini Syaikh Muhammad Zaini bin Abdul Ghoni, keturunan langsung Syaikh Aryad Al-Banjari,” ungkapnya.

Santri yang hadir di acara tersebut bukan hanya yang bermukim di Kalimantan Selatan, tetapi dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Alhamdulillah kita bisa menyelangarakan haul beliau (Guru Sekumpul) di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah yang kita cintai ini,” tutur Ustaz H. Budi Nur

Beliau juga mengungkapkan bahwa acara haul tahun ini berbeda pada tahun sebelumnya, karena pada tahun ini masih masa pandemi, sehingga hanya diadakan santri yang bermukim di Dalwa pusat saja . Adapun pada tahun sebelumnya, acara haul diselenggarakan di belakang hotel dan diikuti oleh santri dari Dalwa 2 dan 3.

“Karena masa Covid, pendemi ini tidak semua santri Banjar bisa hadir. Kemarin itu (tahun lalu), santri dari Dalwa 2 dan 3 dari Banjar bisa kumpul di Dalwa Pusat,” ungkap Ustaz asal Banjar tersebut.

Ustaz Qoimmuddin dalam tausyiahnya menyampaikan untuk tetap mencintai para waliyullah. Karena tanda cinta kepada Rasulullah adalah mencintai para wali Allah.

“Yang mencintai kepada Nabi semuanya. Ahli sunah cinta kepada Nabi, ahli bid’ah, ahli dolaalah juga cinta kepada Nabi. Tapi yang mencintai kepada waliyullah hanya ahli sunnah waljama’ah,” kata beliau dalam ceramahnya.

Para santri juga merasa senang diadakan acara haul ini. Walaupun acara haulnya berbeda dengan yang diadakan di Martapura, tapi tak membuat patah semangat untuk mengikuti haul yang digelar di pondok ini.

“Kita harus lebih semangat lagi dalam haul ini, karena yang kita hauli ini Guru Sekumpul,” ucap Ahmad Bawazir, salah satu santri yang ikut acara tersebut.Ilham/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Bekal Dakwah Santri, Ittihad ISKAB Gelar Latihan Kepemimpinan

Previous article

Cuci Pakaian di Pesantren, Ini Penjelasannya dari Pengurus Dalwa Laundry

Next article

Comments

Leave a reply