beritaHilmiKampus

Sidang Pertama Strata I Pasca Alih Bentuk Menjadi UII Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita – Sidang skripsi Strata I Universitas Islam Internasional Dalwa pada Ahad (25/12/2022) di Hotel Syariah Dalwa berjalan lancar. Sidang skripsi tersebut merupakan sidang pertama usai alih bentuk IAI menjadi UII Dalwa.

Sidang yang dilaksanakan pasca alih bentuk menjadi Universitas Islam Internasional Dalwa ini terdiri dari empat Prodi, yaitu Pendidikan Bahasa Arab, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam. Adapun Program Studi lainnya akan menyusul di hari selanjutnya.

Sidang tersebut dilaksanakan selama empat hari, dimulai dari hari Sabtu (24/12/2022) hingga hari Selasa (27/12/2022). Sidang dimulai setelah sholat Dzuhur hingga pukul 17.00 WIB.

Suasana yang menegangkan tersebut tidak membuat mahasiswa resah. Hal itu karena mereka sudah memiliki kesiapan yang matang dalam menghadapi sidang.

“Ada perasaan tegang, akan tetapi pada intinya jika kita mempunyai kesiapan kita yakin dalam keadaan siap,” tukas Habib Mustofa Alaydrus selaku peserta sidang dari Prodi KPI.

Tidak hanya itu, perjalanan dalam mengerjakan skripsi ini memberikan pelajaran bagi mahasiswa, bukan bagaimana penelitiannya, tapi bagaimana proses yang dijalani.

“Dari skripsi tersebut, pelajaran paling mahal bagi ana (saya) ialah hidup itu berproses. Dari situ ana belajar bahwa gak etis dan gak layak seorang manusia mengharapkan suatu yang instan,” ucapnya.

Perasaan senang setelah melaksanakan sidang skripsi pun turut ia paparkan ketika sudah menyelesaikan sidang tersebut.

“Alhamdulillah rata-rata mereka memperjuangkan skripsi atau gelar sarjana ini untuk orang tua. Jadi ini bukan suatu yang kecil buat kita, tetapi suatu yang besar yang dapat membanggakan mereka,” jelasnya.

Mahasiswa merasakan bahwa memiliki latar belakang mahasiswa yang sekaligus menjadi santri itu adalah sebuah keunggulan tersendiri.

“Tapi menurut ana, masuknya nalar adalah merupakan suatu keseimbangan yang bermanfaat ketika kita di pesantren. Di sana kita itu belajar ilmu-ilmu yang paten dan di kuliah itu kita belajar menerapkan ilmu-ilmu yang paten itu di masyarakat,” ungkapnya.

Dr. Ahmad Djuani, M.Pd. selaku Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat memberikan harapan untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan skripsinya.

“Diharapkan untuk mahasiswa (yang telah menyelesaikan skripsi) untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang pascasarjana. Kalau tidak melanjutkan, maka segera lah untuk berkiprah kepada masyarakat,” jelas beliau ketika diwawancara pers Dalwa Berita.

Acara sidang hari itu ditutup dengan foto bersama mahasiswa dengan dosen penguji, Kaprodi, staf Prodi. Selain itu, para peserta juga berfoto sambil memegang skripsi yang telah diselesaikannya.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Tingkatkan Mutu Pendidikan, UII Dalwa Hadiri Pembinaan Kemenag

Previous article

Festival Dunia Arab 4.0 ASEAN, Dalwa Berhasil Sabet 3 Juara

Next article

Comments

Leave a reply