beritaEvent PondokQismu AmanRedaksiTaslim

Simak Jadwal dan Rute Ziarah ke Makam Hubabah Khodijah Al-Hinduan

0

Bangil, Dalwa Berita- Wafatnya Al-Mukarramah Hubabah Khodijah binti Muhammad Al-Hinduan menyisakan duka mendalam bagi santri Dalwa dan pecinta-pecintanya.

Itu karena sosok Hubabah yang kharismatik dan selalu berbelas kasih kepada sesama.

Hubabah kini telah berpulang, dan dimakamkan persis di sisi makam sang suami yakni Abuya Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun yang berada di area Pondok Pesantren Dalwa Putra yang ada di desa Raci.

Banyak dari wali santri, muhibbin, dan simpatisan datang ke Pondok Dalwa untuk bertakziyah ataupun untuk berziarah langsung ke makam Hubabah Khodijah.

Banyaknya peziarah laki-laki maupun perempuan membuat pihak Ponpes Dalwa membuat jadwal dan rute yang mengatur para peziarah agar tidak terjadinya Iktilath (bercampurnya laki-laki dan perempuan yang bukan mahram) ketika berziarah. Berikut jadwalnya dan rutenya:

Bagi yang ingin berziarah ke makam Hubabah Khodijah:

Laki-laki:

Waktu   : Jam 8 pagi sampai jam 10 malam atau paling akhir jam 11 malam.

Rute      : Area bagi peziarah laki-laki ada di sebelah sisi selatan makam. Adapun pintu masuknya bisa melalui gerbang depan Pondok (Mall Dalwa) lalu ke arah taman, atau bisa juga melewati gerbang belakang melalui jalur rayon Aitam bawah terus melewati lorong kamar rayon Jami’ah bawah.

Perempuan:

Waktu : Jam 8 pagi sampai maghrib dan dibuka lagi pada jam 8 sampai jam 10 malam.

Rute   : Area bagi peziarah perempuan ada di sisi utara makam. Adapun untuk peziarah perempuan itu diwajibkan mendaftarkan nama dan asalnya terlebih dahulu di depan kediaman Hubabah Khodijah yang berada di belakang hotel. Setelah itu peziarah akan diantar ke area Ponpes Putra dengan menggunakan mobil.

Adapun waktu untuk peziarah perempuan nantinya akan dibatasi selama 15 menit saja.

Bagi yang ingin bertakziyah:

Adapun yang ingin bertakziyah juga ditetapkan dengan jam yang sama yakni dari jam 8 Pagi sampai jam 11 malam (paling akhir).

Hal ini akan berlangsung selama 7 hari terhitung sejak hari Hubabah Khodijah dimakamkan.

Adapun saat ini pihak pesantren tengah membuatkan jalur khusus peziarah yang berada di sisi selatan asrama Jami’ah bawah yang akan mempermudah peziarah masuk ke area makam.

Setelah proyek ini rampung, kedepannya makam Abuya dan Hubabah akan dibuka untuk umum sejak pukul 6 pagi hingga pukul 12 malam.Tslm.Afd/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Gema Tahlil dan Isak Tangis Iringi Prosesi Pemakaman Hubabah Khodijah Al-Hinduan

Previous article

Berikut Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang Dibaca di Ponpes Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply