Arya BonanzaBa'alawiberitaDalwa Ba'alawiEvent PondokInfoPondok Pesantren

Tafa’ulan Minum Susu, Setahun ‘Memutih’ Seputih Susu

0

Bangil, Dalwa Berita – Ponpes Darullughah Wadda’wah laksanakan doa akhir dan awal tahun hijriah pada Sabtu sore (6/7/2024) di lapangan utama Dalwa pusat.

Acara tersebut dihadiri oleh Habib Muhammad Assegaf serta segenap dewan asatidzah Ponpes Darullughah Wadda’wah. Habib Muhammad Assegaf memimpin langsung pembacaan doa akhir dan awal tahun.

Seperti biasanya, setelah pembacaan doa awal tahun para santri diberi masing-masing satu botol susu putih sebagai bentuk tafa’ulan, mengikuti kebiasaan para ulama salaf sholeh.

Tujuannya adalah agar satu tahun kedepan menjadi tahun yang bersih dari dosa serta terus beramal baik, sebagaimana manis dan putih bersihnya susu. Kebiasaan minum susu putih ini juga menjadi amalan bagi guru besar Ponpes Dalwa, Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani.

“Sebagai bentuk tafa’ulan yang diajarkan oleh guru kita Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani, dan ini disebut sebagai tafa’ul atau mengambil pelajaran dari susu tersebut, yang bermakna manis dan putih, sehingga dengan minum susu tersebut, kita berharap sama Allah agar tahun selanjutnya yang kita hadapi dari malam satu Muharram 1446 Hijriyah putih sebagai mana susu yang kita minum, itu harapan kita,” ujar Habib Syakur Al-Idrus selaku Ketua panitia pembagian susu.

Habib Syakur juga menjelaskan bahwa tafa’ulan itu termasuk dari berdoa. “Dan diantara doa, tidak selamanya harus diucapkan tapi diantaranya juga ada doa dengan bentuk tafa’ulan, ini sebagai bentuk perilaku seseorang,”.

Panitia menyiapkan sebanyak 4.700 liter susu. Disediakan untuk Dalwa pusat sekitar 4.000 botol susu, 2.800 botol untuk Dalwa 2 dan 3, dan 4.800 botol susu untuk Dalwa banat. Perkemasan botol berukuran 200 ml. Tambahan untuk para pengajar sebanyak 700 botol dengan kemasan 1 liter.

Santri amat senang menyambut tahun baru Islam 1446 H, dengan baca doa akhir dan awal tahun bersama ditambah lagi dengan pembagian susu sapi asli sebagai tafa’ulan.

“Saya merasa sangat senang dengan masuknya tahun baru ini, apalagi dengan dibagikannya susu oleh para panitia kepada setiap santri. Dengan harapan, semoga dengan kita meminum susu, amal kita untuk tahun yang baru ini menjadi semakin lebih baik lagi, bersih lagi, dan putih lagi seputih susu,” ujar Dimas santri asal Indramayu saat diwawancara Pers Dalwa Berita.Bonanza/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Santri Baru Telah Tiba! Berikut Jadwal dan Ketentuannya

Previous article

Yuk Intip Suasana Hari Pertama Kedatangan Santri Baru Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply