beritaGustiawan

Tahun Baru, Pondok Bersih Hatipun Bersih

0

Bangil, Dalwa Berita – Qismu Tandzif Ponpes Dalwa adakan kegiatan tandzif ‘am (kerja bakti) untuk membersihkan pondok pesantren pada Jumat pagi (29/7/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah 1444.

“Seperti tahun kemarin, kita adakan tandif ‘am untuk menyambut muharrom, juga kita sambut tahun baru dengan pondok yang bersih dan insyaallah juga dengan hati yang bersih” ungkap Fajri selaku sekretatis Qismu Tandzif.

Tidak hanya dalam rangka menyambut tahun baru, kegiatan tandif am ini juga dilakukan untuk menyambut kegiatan besar Ponpes Dalwa. Hal tersebut dilakukan agar pesantren terkondisikan dengan keadaan bersih.

“Dan seperti bulan lalu kita adakan tandif ‘am untuk menyambut iduladha, jadi kita adakan tandzif am ini untuk persiapan acara besar pondok, sehingga pondok ini terkndisikan dengan keadaan bersih,” lanjutnya.

Diakhir wawancara, Fajri mengungkapkan harapan Qismu Tandzif untuk tahun baru Islam 1444 H.

“Kita ingin menjadikan pondok ini sebersih mungkin dan tidak melibatkan keuangan pondok jadi kita mandiri dengan hasil yang kita peroleh,” pungkasnya.

Ustadz ismail selaku Ketua Departemen Kesiswaan sangat mendukung program Qismu Tandzif ini, dikarenakan adanya tafa’ulan (melakukan sesuatu dengan harapan yang sama) dengan amal yang dilakukan para ulama.

“Sangat mendukung adanya tafaulan seperti itu. Seperti yang Abuya Sayyid Maliki dan ulama-ulama yang lain, kita minum susu pada awal tahun berharap mudah-mudahan nanti untuk tahun baru yang kita masuki itu dengan hati yang bersih putih, dan itu harapan kita. Demikian juga kita bersihkan kita punya pondok, harapan kita kalau bersihkan kita punya hati, kalau dalam tahun, itu hati bersih pasti dalam tahun itu hati kita jadi baik, sehingga kita bertambah umur bertambah kebaikan, seperti kata Rosul saw. ‘Khoirunnaasi man toola umruhu wa hasuna amaluhu, wa syarrunnaasi man toola umruhu wa saa-a amaluhu.’ Artinya, sebaik-baiknya orang itu yang bertambah umurnya, bertambah pula kebaikannya, dan sejeleknya manusia itu yang bertambah umurnya tapi bertambah jelek amalnya,” ungkap beliau.

Lebih lanjut, beliau juga mengungkapakan harapannya pada tahun baru 1444 H ini.

“Mudah-mudahan tahun baru 1444 H yang akan datang ini, kita diberikan kesehatan oleh Allah swt., ibadah yang sempurna dan dapat pula menjadi contoh untuk orang-orang yang di bawah kita, yang abang-abang jadi contoh buat adik-adiknya, yang asatidz menjadi contoh untuk murid-muridnya, yang belajar di pondok jadi contoh buat mereka yang tidak belajar, sehingga dengan semua ini timbullah yang dikatakan dengan dakwah bil hal, lisanul hal afsoh min lisanil maqol (berdakwah dengan perilaku, pengamalan agama secara realitas lebih fasih dari penjelasan yang gamblang),” harap beliau.Gustiawan/red.

Gustiawan Arqi

Masa Jabatan Baru, 138 Anggota UKM, HMJ dan BSO Turut Dilantik

Previous article

Tutup Tahun 1443 H dengan Doa, Buka Tahun 1444 H dengan Doa

Next article

Comments

Leave a reply