beritaEvent PondokHalqoh HadhromiyyahIpulRedaksiTamuUlama

Terus Tebarkan keilmuan di Dalwa, Kali Ini Prof. Alwi Ingatkan Metode Ajar Salaf

0

Bangil, Dalwa Berita – Prof. Dr. Alwi bin Hamid bin Syihabuddin, Pengasuh pondok pesantren Darul Hadist Hadhramaut-Yaman isi kegiatan halqah subhiyyah di masjid Baitul Ghoffar Ponpes Darullughah Wadda’wah pada Kamis pagi (15/8/2024).

Ketiga kalinya beliau menyambangi Dalwa, beliau selalu memberikan banyak keilmuan dari 2019 lalu. Pada santri putra maupun putri.

Pada kesempatan kali ini beliau menjelaskan salah satu teknik penyampaian hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam, diantaranya yang membuat redaksi hadist rasul tersampaikan dengan rapih dan tertata tanpa mengurangi keindahan dan ketinggian bahasa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

“Rasulullah itu berbicara kalamnya terpisah-pisah sampai orang yang mendengar pasti bisa mengulangi apa yang beliau sampaikan,” jelas Prof. Alwi.

Lebih lanjut, Prof. Alwi menyinggung para da’i, ustaz dan pengajar di zaman sekarang, banyak yang tidak memperhatikan artikulasi ketika memaparkan materi pembelajaran ataupun dakwahnya, hal tersebut jauh dari cara Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

“Di zaman sekarang banyak para ustaz, da’i dan guru-guru tak memperhatikan kalamnya ketika mengajar,” tegas pengarang kitab Tarikh berjudul Gazwaturasul tersebut.

Dosen Pakar ilmu hadist di Universitas Seiwun itu juga menceritakan adab dan akhlak para ulama Hadhramaut dulu ketika mereka mengajar, yang mana mereka mengulang penjelasan dan pemaparan mereka sampai murid-murid mampu menangkap apa yang mereka maksudkan.

Diantaranya beliau menceritakan kisah Al-Imam Al-Qodhi Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Hafidz, Kakak dari Habib Umar bin Hafidz.

“Di Hadhramaut guru besar kami Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Hafidz, beliau sangat perhatian masalah kalam, sampai beliau yakin semua muridnya paham,” ucap beliau.

Di akhir pengajiannya beliau berpesan kepada para santri agar fokus kepada apa yang mereka jalani sekarang. Jangan merepotkan dan memberatkan pikiran dengan sesuatu di masa depan yang belum tentu terjadi, terlebih lagi masalah jodoh.

“Engkau sekarang dalam masa menuntut ilmu, jangan beratkan pikiranmu, jangan pikirkan perihal menikah,” pungkas tersebut.Ipul/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Kisah Sayyid Husein Al-Mutahar Dan Pendirian Paskibraka

Previous article

Perluas Wawasan Mahasiswa Dalam Berbisnis, UKM KSEI Al-Busyro Adakan Seminar Bisnis

Next article

Comments

Leave a reply