beritaGustiawanKampus

Tilik Kegiatan PKL Prodi HKI UII Dalwa di Pengadilan Agama Probolinggo

0

Bangil, Dalwa Berita – 16 Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam semester 7 Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Pengadilan Agama Probolinggo.

Kegiatan ini dimulai pada Senin (2/1/2023). Dalam kegiatan ini, mahasiswa diminta untuk memahami administrasi Pengadilan Agama hingga sidang perkara yang dilakukan di sana.

“Secara umum itu administrasi, tapi setelah administrasi kita ada praktik persidangan. Mahasiswa kita ajak ke ruang sidang untuk melihat langsung bagaimana jalannya sidang dan bagaimana cara hakim menengahi sidang,” ucap Ahmad Hidayatul Akbar, S.H.I., M.H. selaku Hakim Pengadilan Agama Probolinggo sekaligus pembimbing mahasiswa.

Dalam menjalankan tugasnya, mahasiswa dibagi di beberapa bagian, seperti bagian resepsionis, sekretariat, panitera, PTSP, persidangan dan juru sita.

Menurut beliau, mahasiswa sudah aktif dalam menjalankan tugas yang diamanahkan oleh pihak Pengadilan Agama Probolinggo.

“Penilaian saya sudah bagus, mulai dari keaktifan, bergaul dengan pegawai yang ada, sopan santunnya sangat bagus,” ungkap hakim kelahiran Banjarmasin tersebut.

Memasuki pekan ke tiga, mahasiswa telah mempelajari 4 macam perkara, seperti pengajuan nikah dini, isbat nikah, pembagian harta waris dan perceraian.

Beliau berpesan, agar mahasiswa yang ingin menjadi hakim Pengadilan Agama agar belajar dengan sungguh-sungguh. Hal itu karena standardisasi yang diprediksi kian meningkat.

“Saran saya agar mahasiswa belajar sebenar-benarnya dan ujian dengan sebenar-benarnya, karena tahun 2010 untuk jadi hakim IPK harus 2,75 ke atas. Jadi harus rajin, karena kemungkinan standarisasi tahun ini bisa jadi lebih naik lagi,” tuturnya ketika diwawancara Dalwa Berita pada Senin (16/1/2023).

Misbah, Ketua Regu PKL PA Probolinggo, menyatakan akan mengadakan program lanjutan setelah pelaksanaan PKL melalui bentuk kegiatan sharing dengan mahasiswa HKI semester 5 ke bawah dan membuat buku pedoman PKL Prodi HKI.

“Nanti setelah pulang kita kumpulin anak-anak semester bawah buat sharing pengalaman. Terus kita rencana mau buat buku pedoman PKL HKI,” ungkapnya.Gustiawan/red.

Gustiawan Arqi

Persiapkan Reuni Al-Hasaniyah, Unit Kesehatan Ponpes Dalwa Adakan Pelatihan Bekam

Previous article

Haul Sayyidul Walid Beserta Acara Akhir Tahun Asad Jabar Berjalan Lancar

Next article

Comments

Leave a reply