beritaIlham MaulidiKampus

Tingkatkan Kualitas Akademik, IAI Dalwa Adakan Kerja Sama dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

0

Bangil, Dalwa Berita – Senin siang (19/09/2022), IAI Dalwa mendapat kunjungan dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang guna menjalani kerja sama dalam meningkatkan kualitas akademik perguruan tinggi berbasis pesantren.

Dalam kesempatan kali ini, pertemuan dihadiri Rektor UIN maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA., Direktur Pascasarjana IAI Dalwa Dr. Ali Zainal Abidin Balfaqih, S.Ag., M.Pd.,  Dr. Luthfi Al-Habsyi, M.Pd.I., tamu undangan dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan dosen IAI Dalwa.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Rhusaifah Room, Dalwa Hotel Syari’ah.

Acara berlangsung khidmat, diawali dengan sambutan dari Direktur Pascasarjana IAI Dalwa, kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus penyampaian materi dari Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA..

Pertemuan kali ini membahas kerja sama dalam meningkatkan kualitas akademik perguruan tinggi Islam, baik kualitas SDM, penulisan karya ilmiah dan juga penelitian.

“Kerja sama akademik dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi Islam. Ini sangat penting, harus berkolaborasi dan bersinergi agar dosen dan mahasiswa bisa aktif dalam pengabdiannya di masyarakat, penelitian dan penulisan karya ilmiah,” ungkap rektor UIN maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA..

Dr. KH. Israqunnajah mengungkap, kerja sama dalam pengembangan akademik perguruan tinggi berbasis pesantren tidak hanya bekerja sama dengan IAI Dalwa, akan tetapi juga melakukan kerja sama dengan beberapa pondok pesantren yang memiliki pegurunan tinggi Islam, seperti Ponpes Lirboyo dan Ponpes Al-Falah Ploso Kediri.

“Iya, kita mempunyai komitten untuk melakukan pendampingan beberapa perguruan tinggi terutama yang bernaung di pesantren, seperti Ponpes Lirboyo dan Ponpes Al-Falah Ploso,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dr. Fauzi Hamzah, M.Pd.I. mengatakan, diadakannya kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan kualitas akademik mahasiswa IAI Dalwa dan tenaga pengajarnya, serta melakukan pertukaran tenaga pengajar guna meningkatkan sistem pendidikan dan pengajaran.

“Kerja sama kita ini termasuk dalam MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dengan pertukaran pelajar UIN Malang dengan IAI Dalwa atau tenaga pengajar untuk mengajar di Dalwa. Kita undang mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran dalam publikasi penulisan karya ilmiah dan penelitian,” tutur beliau.

Beliau berharap dengan adanya kerja sama ini, IAI Dalwa menjadi lebih baik dan dapat bersaing dengan perguruan tinggi Islam lainnya, dan melahirkan mahasiswa berkualitas yang berbasis pesantren sesuai cita-cita pendiri Pesantren Dalwa.

“Dari semua kerja sama kita ini alhamdulilllah akan melahirkan apa yang telah dicita-citakan Abuya Habib Hasan, yaitu santri yang sarjana dan sarjana yang santri, yang bisa berkiprah di masyarakat,” ungkap beliau.

Acara ditutup dengan tanda tangan kerja sama pengembangan akademik oleh Rektor UIN Malang dan Direktur Pascasarjana IAI Dalwa.Ilham/red.

Gustiawan Arqi

Lailatu Takrim; Malam Perayaan bagi Santri Berprestasi

Next article

Comments

Leave a reply