beritaEvent PondokIlham Maulidi

Tutup Tahun 1443 H dengan Doa, Buka Tahun 1444 H dengan Doa

0

Bangil, Dalwa Berita – Ponpes Darullughah Wada’wah mengadakan pembacaan doa akhir tahun dan awal tahun di Masjid Baitul Ghoffar, Jumat sore (29/07/2022).

Pembacaan doa akhir tahun 1443 H dilaksanakan setelah sholat Ashar berjamaah bersama Al-Habib Muhammad bin Thohir Al-Haddad usai pembacaan sholawat. Sebelum pembacaan doa akhir tahun beliau sedikit memberikan nasehat tentang akhir tahun dan masuk tahun baru Islam.

Beliau mengunkapkan bahwa setiap detik, menit dan jam amal manusia selalu dicatat oleh malaikat. Maka dari itu, beliau mengajak para santri di akhir tahun ini agar melakukan kebaikan sebagai amal penutup di tahun ini.

“Maka pada hari ini, sore ini akan tutup amal kita di tahun 1443 H. Maka dari itu, kita berusaha jangan sampai tutup amal kita tanpa kebaikan. Alhamdulillah kita tutup amal kita dengan sholawat dan majlis ta’lim penuh dengan kebaikan,” ungkap beliau.

Setelah itu, dilanjutkan degan pembacaan doa akhir tahun besama- sama dipimpin langsung oleh beliau sendiri. Setelah sholat Magrib dilanjutkan dengan pembacaan doa awal tahun, Yasin dan tahlil yang di hadiahkan kepada Al-Habib Abu Bakar Al-Adni Al-Masyhur yang meninggal beberapa hari yang lalu.

Beliau berharap dengan masuknya tahun baru Islam, umat Islam kembali memperbaharui amal yang pada tahun sebelumnya belum terpenuhi dan semangat dalam mengerjakan kabaikan.

“Untuk segenap umat muslim, mari! di tahun yang baru ini bersama bersemangat untuk beriktikad, berkeinginan yang kuat untuk memperbaiki perbuatan-perbuatan kita, sehingga insyallah tidaklah masuk di tahun yang baru ini kecuali sudah kita isi dengan agenda kebaikan,” tutur beliau ketika diwawancarai oleh Dalwa Berita.

Para santri pun beriktikad seperti yang dikatan beliau, memperbaiki niat dan melakukan amalan dengan penuh semangat.

“Dengan masuknya tahun baru Islam 1444 H semoga lebih baik ke depannya dengan niat yang baik, semangat yang baik dan juga istiqomah dalam melakukan kebaikkan lebih banyak dari pada tahun sebelumnya,” ungkap Muhammad Sobri, santri dari Palembang. Ilham/red.

Gustiawan Arqi

Tahun Baru, Pondok Bersih Hatipun Bersih

Previous article

Sambut Tahun Baru Hijriyyah 1444 H, Santri Dalwa Gelar Pawai Obor

Next article

Comments

Leave a reply