Afdillahberita

Video Santri Dalwa Nobar Piala Dunia Sambil Sholawatan Viral hingga Mendunia

0

Bangil, Dalwa Berita – Aksi santri Dalwa nonton bareng Piala Dunia antara Maroko dengan Portugal diam-diam menjadi sorotan netizen.

Video ribuan santri yang tengah bersholawat dan berdoa demi kemenangan tim yang mereka dukung, yakni Maroko, tiba-tiba viral di Tik tok dan langsung menghebohkan jagat maya.

Banyak akun yang mengabadikan momen ini, di antaranya adalah video TikTok @habibsegaf baharun, @Pejuang Khidmah, @besok.tobat dan yang lainnya.

Namun, video tersebut viral setelah diunggah oleh akun TikTok @besok.tobat. Hingga berita ini diturunkan, video tersebut telah disaksikan hingga 3 juta penonton dan 7500 lebih komentar.

Akibat dari itu,  banyak media massa yang turut memberitakan kegiatan Nobar yang dilaksanakan pada 10 Desember 2022 lalu, seperti Okezone.com.

Media milik MNC grup tersebut membuat berita dengan tajuk “Heboh Video Santri Indonesia Nobar Timnas Maroko vs Portugal Sambil Salawatan”.  Meskipun berita yang ditulis tanpa menerangkan tempat, tapi dapat diketahui bahwa santri yang dimaksud dalam berita tersebut adalah  santri Ponpes Dalwa.

Media lain yang juga turut memberitakan kegiatan ini adalah Jatim Times, Priangan Timur News dan Lombok Insider. Di Youtube pun banyak media massa yang mengangkat kegiatan ini, di antaranya yaitu Tv One Minute, AnTv News Plus, Republika Online, Pikiran Rakyat, Tribun Sulsel Official dan lain-lain.

Tak hanya di dalam negeri, video santri nobar ini pun sampai viral di media international. @aljazeeramubasher misalnya, akun Instagram yang telah memiliki centang biru dan diikuti oleh 2,9 juta followers itu turut memposting video tersebut dan menuliskan caption berbahasa Arab yang artinya “Indonesia memberikan dukungan untuk tim Maroko.”

Tak ketinggalan, akun @team_of_marocco  yang memiliki 318K followers juga sempat menjadikan video santri Nobar ini menjadi story di akun instagram miliknya.

Banyak yang mengait-ngaitkan kemenangan tim Maroko pada semifinal lalu lantaran doa dan sholawat santri yang dipanjatkan. Rektor IAI Dalwa, Habib Segaf Baharun mengklarifikasi hal tersebut.

Menurutnya, kaitan shalawat yang dipanjatkan dengan kemenangan yang tim Maroko dapatkan mungkin karena kebetulan saja.

“Itu pas kebetulan saja. Kalau memang Allah Ta’ala sedang mengabulkan doa kita, tapi kita gak merasa seperti itu (tidak merasa doa kita yang dikabulkan), karena itu semua adalah kehendak Allah,” ujar beliau kepada Dalwa Berita saat dimintai keterangan pada Kamis (15/12/2022) di Dalwa Pusat.

Meski begitu, beliau  tidak menampik kemungkinan bahwa perbuatan tersebut (sholawat) juga bisa menjadi sebab kebaikan bagi tim Maroko dan umat muslim lainnya.

“Kalau kita melakukan karena Allah, maka apapun mudah saja bagi Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. ‘Balasan setiap kebaikan adalah kebaikan.’ Kalau kita melakukan sesuatu dari  kebaikan, maka akan merambat dan berkesinambungan kebaikan-kebaikan tersebut, umumnya untuk seluruh kaum muslimin,” pungkas beliau.Afdillah/red.

Gustiawan Arqi

Tilik Kegiatan Al-Hasaniyah Adakan Ngaji Al-Hikam bersama Habib Segaf Baharun

Previous article

Sudah Mau Jadi Univ, Tanggung Jawab juga Bertambah

Next article

Comments

Leave a reply