beritaEvent PondokFahri

Ambil Berkah dengan Penutupan Kitab Bidayatul Hidayah

0

Bangil, Dalwa Berita-Sudah menjadi  kegiatan rutinan Ponpes Dalwa setiap Selasa malam mengadakan kajian kitab Bidayatul Hidayah oleh Habib Ali Baharun pengasuh dalwa 2 dan 3, dan setelah berjalan beberapa bulan, pada Rabu, (10/03/21) Ponpes Dalwa mengadakan ikhtitam (penutupan-Red) kitab karya Imam Ghazali tersebut. ikthtitam sedikit dipercepat mengingat akan dipindahkannya santri Dalwa 2 dan 3 ke lokasi pondok semula pada pekan depan.

Diantara kajiannya Habib Ali menjelaskan tentang pentingnya ta’dzim. “Berkah adalah bagian terpenting dalam menuntut ilmu, dan cara mendapatkannya adalah dengan ta’dzim kepada ilmu dan guru.” Beliau menceritakan tentang bagaimana ta’dzimnya sosok Imam Malik dalam mengajarkan Hadist.“Ketika beliau (Imam Malik) mengajarkan ilmu hadist dalam sebuah majelis, sempat kalajengking merayap dipunggung beliau dan menyengat hingga belasan sengatan, tapi beliau tidak menghiraukannya dan memilih menahan rasa sakit. Hal tersebut beliau lakukan sangking ta’dzimnya beliau kepada ilmu hadist.” Para santri terlihat khusyuk dan antusias dalam menyimak kitab yang bergenre tasawwuf tersebut.

Di penghujung kajian, beliau mengajak santri bersama-sama membaca tahlil karena bertepatan dengan Haul Syaikhoh Fatmah binti Ahmad Bakhobazy, ibunda dari muassis Ponpes Dalwa, Abuya Habib Hasan Baharun yang bertepatan wafat pada tanggal 27 Rojab.Mk.Noor

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Detector GeNose C19 Mulai Digunakan di Ponpes Dalwa

Previous article

Tidak Biasa, Pembacaan Shohih Bukhori Dimulai Akhir Rajab

Next article

Comments

Leave a reply