AfdillahberitaIkatan Santri Daerah

Pemilihan Ketua Ittihad Pasundan, Ajang Mempererat Persaudaraan Santri Jawa Barat-Banten

0

Bangil, Dalwa Berita- Ratusan santri yang tergabung dalam Ikatan Santri Pasundan berkumpul di aula Ponpes Darullughah Wadda’wah kamis malam (17/6) untuk mengadakan pembukaan Ittihad sekaligus pemilihan ketua dan wakil ketua yang baru untuk masa bakti 1442-1443 H.

Pada acara tersebut Al Habib Husein Asseggaf dan Ibnu Hajar Al Asqolani terpilih sebagai ketua dan wakil ketua Ittihad Pasundan masa bakti 1442-1443 H. Habib Musthofa Alaydrus sebagai ketua Ittihad Pasundan tahun 1441-1442 H menyampaikan bahwa kedepannya akan terdapat perubahan sistem yang ada pada Ittihad Pasundan ini. Yaitu untuk kegiatan mingguannya, Pasundan akan dibagi menjadi 5 kelompok untuk mengadakan pertemuan rutin seperti ini. Kelompok pertama, adalah yang menaungi seluruh santri yang berasal dari provinsi Banten. Kelompok kedua, yang menaungi kota Bogor dan sekitarnya. Kelompok ketiga, yang menaungi wilayah Parahyangan (Bandung) dan sekitarnya. Kelompok keempat, yang menaungi wilayah Karawang dan sekitarnya. Kelompok kelima, yang menaungi wilayah Cirebon dan sekitarnya. Adapun untuk kegiatan bulanan nantinya akan tetap dilakukan bersama-sama seperti biasa. “Alasan pemisahan kegiatan mingguan perdaerah ini karena sudah membeludaknya anggota-anggota dari masing-masing daerah di Pasundan. Oleh karenanya, dibuat sistem baru seperti ini agar lebih totalitas, dan lebih terpantau,” Ujar Habib Musthofa.

Sulthon, santri kelas 4 Ibtidaiyyah asal Bandung mengaku bangga dengan adanya kegiatan semacam ini, “Cukup bangga dengan adanya kegiatan ini. Bagi kami santri baru, adanya perkumpulan semacam ini sangat diperlukan, ini merupakan suatu kegiatan yang bisa merekatkan Ukhuwwah. Adanya acara kumpul Ittihad semacam ini juga membantu saya yang tadinya bosan dan Sumpek, ketika kita sesama daerah berkumpul, itu bisa menghilangkan rasa Sumpek yang saya alami,” Ujarnya saat diwawancarai oleh tim Dalwa Berita.

Memang, di Ponpes Darullughah Wadda’wah tiap-tiap daerah memiliki perkumpulan atau ikatan pelajarnya masing-masing, atau yang sering disebut dengan Ittihad. Diantara Ittihad-Ittihad yang ada, Ittihad Pasundan adalah salah satunya. Ittihad Pasundan adalah perkumpulan santri yang berasal dari seluruh wilayah Jawa Barat dan Banten kecuali daerah Jakarta dan Bekasi. Tujuan diadakan organisasi Ittihad ini tidak lain sebagai wadah untuk menyatukan dan mempererat hubungan kekeluargaan sesama putra daerah. Semoga semangat persaudaraan ini tetap terjaga dan berjalan baik. Afdillah/red.

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Muhadhoroh Lapangan Kembali Dimulai

Previous article

Beberapa Alasan Santri Kamboja Dan Thailand Belajar Di Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply