beritaKampusTaslim

5 Perguruan Tinggi Islam Tandatangani Kerja Sama demi Tingkatkan Mutu Umat

0

Bangil, Dalwa Berita – Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta adakan Focus Group Discussion (FGD) dan Memorandum of Understanding (MoU) bersama pada Ahad malam (20/8/2023) di Dalwa Hotel Syari’ah.

Pertemuan tersebut berisi sharing antar kampus dan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar perguruan tinggi. Ada 5 perguruan tinggi yang ikut pada kegiatan tersebut, yaitu:

  • Universitas Islam Internasonal Darullughah Wadda’wah Bangil
  • Universitas Kyai Abdullah Faqih Gresik (UNKANFA)
  • Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon (UI BBC)
  • Universitas Ma’arif Lampung (UMALA)
  • Institut Al-Ma’arif Way Kanan (ILMAWA)

Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu berhalangan hadir. Semestinya kegiatan dimulai dari pukul 15.00 WIB tapi karena kendala delay penerbangan pesawat, akhirnya terjadi pengunduran. Sehingga acara tersebut baru dimulai sekitar pukul 21.00 WIB.

Ternyata, pertemuan tersebut baru diadakan pertama kali secara fisik setelah 7 kali rapat secara online.

“Kalau yang offline  itu baru kali ini, kalau secara online ini yang ke delapan. Sebenarnya kita sudah sering melakukan pertemuan secara online mulai dari persiapan alih bentuk sampai pada proses asesmen lapangan alih bentuk kemudian setelahnya,” ucap Dr. Mohammad Makinuddin, M.Pd.I (UNKAFA), selaku ketua Forum Komunikasi PTKS.

Juga, 6 perguruan tinggi tersebut adalah yang baru beralih bentuk, baik dari institut ke universitas atau dari sekolah tinggi ke institut.

“Karena 6 perguruan tinggi ini memang yang baru beralih bentuk baik dari institut ke universitas atau dari sekolah tinggi ke institut,” ujar Dr. Makin, Warek I UNKAFA Gresik.

Lebih lanjut, tujuan kegiatan ini adalah untuk menyatukan visi, guna memajukan perguruan tinggi keagamaan swasta. Serta adanya sharing mengenai pembelajaran kampus digital, pengembangan aplikasi karya ilmiah dan lain sebagainya.

“Juga sharing antar perguruan tinggi, ada yang kemudian memberikan pelajaran tentang kampus digital ada juga tentang pengembangan aplikasi karya ilmiah tentang kelembagaan maupun yang lain,” lanjut beliau.

Dr. Makin berharap agar forum tersebut terus berlanjut untuk bisa selalu saling mendukung antar perguruan tinggi.

“Semoga forum ini terus berlanjut, bisa saling memotivasi dan saling mengingatkan juga saling men-support berbagai program dan kegiatan yang ada di masing-masing kampus. Dan yang kita inginkan, kita bisa saling berkolaborasi,” harapnya.

Dr. H. Oman Fathurrohman, MA, Rektor UI BBC katakana harapan besarnya di Forum Komunikasi PTKS.

“Harapan besar dari forum komunikasi PTKS tentunya yang jelas adalah membangun silaturahmi yang kedua membangun Kerjasama dalam rangka peningkatan tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” ucap rektor kampus digital tersebut.

Dr. Imaduddin, M. Pd. I, Wadir Pascasarjana UII Dalwa tanggapi forum Komunikasi tersebut sebagai peningkat mutu umat Nabi Muhammad saw.

“Meningkatkan mutu umat Rasulullah dalam kiprah kita yaitu lewat perguruan tinggi,” tanggap beliau.

Di penghujung kegiatan, masing-masing rektor dari perguruan tinggi menanda tangani kerja sama MoU. Berikut nama-nama penanda tangan MoU tersebut.

Dr. Fauzi Hamzah, M. Pd. I (UII DALWA)

Dr. Mohammad Makinuddin, M. Pd. I (UNKAFA)

Dr. H. Oman Fathurrohman, MA (UI BBC)

Dr. Mispani, M. Pd. I (UMALA)

Dr. Asep Kusmawan, M. Pd (ILMAWA).Taslim/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Mahasiswi Doktoral Asal Milan, Ungkap Alasan Memilih Riset di Ponpes Dalwa

Previous article

Gubernur Kalimantan Tengah Berikan Kesannya Pasca Keliling Ponpes Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply