beritaKampusZaky

Kembali Berjaya di IAIN Tulungagung

0

Tulungagung- Minggu (28/10/2018), Delegasi Ponpes Dalwa berangkat menuju Tulungagung untuk mengikuti event “Gebyar Bahasa Arab IAIN Tulungagung”. Event yang dihelat oleh IAIN Tulungagung itu berlangsung selama 3 hari, mulai Senin (29/10/2018) hingga Rabu (31/10/2018). Total utusan berjumlah 13 peserta, dengan 2 official. Dari sejumlah lomba yang ada, Ponpes Dalwa berhasil meraih kemenangan, Juara 1 Debat Bahasa Arab, Juara 2 Debat Bahasa Arab, dan Juara Harapan 2 Musabaqoh Qiroatul Kitab.
            Dari saat hari pertama event itu dimulai, Ponpes Dalwa telah memberikan kesan yang menakjubkan, baik bagi panitia dan para juri, khususnya pada cabang perlombaan debat bahasa Arab. Pada saat babak penyisihan, kedua tim utusan Ponpes Dalwa berhasil meraih nilai tertinggi dari seluruh peserta Debat Bahasa Arab, dengan begitu, kedua utusan dipastikan lolos ke babak semifinal.
            Babak Semifinal cukup terlihat panas, kedua utusan Ponpes Dalwa bertemu dengan kedua juara bertahan GBIT tahun lalu, yaitu Ponpes Al-Kamal A dan B. Persaingan ketat pun tak terhindarkan, khususnya saat Dalwa B bertemu dengan Al-Kamal A, sang juara bertahan. Bahkan, persaingan dari kedua tim ini terus berlangsung, dikarenakan point yang diraih kedua tim sama dan hanya terpaut 3 poin di bawah Dalwa A yang sudah memastikan tiket finalnya, setelah mengalahkan Al-Kamal B.
            Sesi perebutan tiket final itu pun diteruskan 2 jam setelah pengumuman, langsung pada hari itu juga. Di sinilah terlihat perbedaan kualitas antara Ponpes Dalwa dan Al-Kamal, dengan persiapan yang sedikit itu Ponpes Dalwa masih tetap bisa bertahan dengan performanya, sedangkan kekurangan persiapan terlihat dari kubu lawan. Dan akhirnya Al-Kamal Tim A pun ‘dipaksa mundur’ dari panggung kebanggannya, setelah kalah dari Dalwa B dengan perbedaan 3 point.

            Keesokan harinya (Rabu,31/10/2018) panggung Final Debat GBIT 2018 pun ‘dikuasai’ utusan Ponpes Dalwa. Sesi Final itu berlangsung sangat sengit. Baik dari tim A maupun Tim B keduanya berusaha untuk menjadi yang terbaik. Kedua tim terus bertukar pendapat, dan saling menyanggah satu sama lain, bahkan para juri, dan panitia pun ikut terpukau dengan penampilan kedua tim, sehingga gemuruh tepuk tangan terus terdengar di ruangan tersebut.
            Penutupan GBIT 2018 diadakan selang beberapa jam itu, tepatnya pukul 19.30 di halaman IAIN Tulungagung. Seelah berbagai runtunan acara dilewati, Ponpes Dalwa pun menerima Piala Juara 1 dan 2 Lomba Debat Bahasa Arab, dan Juara Harapan 2 Lomba Baca Kitab. Ghazaly/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Membentengi Santri dengan Ahlussunnah Waljamaah | lpm dalwa | dalwa

Previous article

Malam Maulid Nabi SAW, Malam Termulia Sepanjang Masa | lpm dalwa | dalwa |

Next article

Comments

Leave a reply