beritaKampus

KKN Mahasiswa IAI Dalwa Di Desa Jimbaran Dan Desa Kemiri Kecamatan Puspo Pasuruan | lpm dalwa | dalwa

0

 

Pasuruan- KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang diselenggarakan oleh IAI Dalwa merupakan kegiatan akademik perguruan tinggi yang dimanifestasikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi; yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara integrasi berdasar nilai-nilai Islam. KKN merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan dengan langsung terjun di desa mitra IAI Dalwa. Kegiatan KKN Merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung di tengah masyarakat untuk terlibat aktif dan kreatif meningkatkan kualitas hidup masyarakat menuju pengembangan peradaban Islam sesuai dengan visi dan misi IAI Dalwa.

 

Sebanyak 209 mahasiswa dari delapan program studi IAI Darullughah Wadda’wah yang terbagi dalam 19 pos (kelompok) akan menerapkan keilmuan yang telah diperolehnya di desa Jimbaran dan desa Kemiri kecamatan Puspo yaitu selama kurang lebih sebulan.
Setelah sholat dhuhur, upacara pelepasan mahasiswa dilaksanakan di masjid Baitul Ghoffar. Turut hadir dalam acara tersebut, Ustadz Qoimuddin selaku kepala bagian pendidikan, Ustadz Ismail Ayyub dari bagian kesiswaan, semua Warek, seluruh Kaprodi dan beberapa dosen.
Dalam tausiyahnya, Ustadz Qoimuddin seraya menyitir ayat 110 surat Al Imron, menyampaikan bahwa KKN adalah bagian dari penerapan ilmu untuk menyeru pada kebaikan dan mencegah kemungkaran dalam rangka meraih predikat “Khoiro Ummah ” (umat terbaik).
Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa umat terbaik yang dimaksud dalam ayat tersebut semakna insan terbaik (khoirun nas), yang memberikan manfaat pada sesamanya. Senada dengan hadits “Khoirun nas anfa’uhum lin nas”.
Di hari menjelang kelahiran nabi Muhammad SAW, diharapkan para mahasiswa mampu mengemban dan meneruskan amanah dakwah yang pernah dijalankan Nabi dalam bingkai menebar manfaat untuk umat, imbuh ustadz Qoimuddin.
Sesampai di lokasi, peserta dan rombongan dosen disambut oleh camat Puspo, segenap pejabat pemerintah dan warga desa yang menjadi lokasi KKN. Kang Thohir/redIADalwa

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Malam Maulid Nabi SAW, Malam Termulia Sepanjang Masa | lpm dalwa | dalwa |

Previous article

Meriahkan Khitan Massal dengan Pawai Budaya dan Drama Kolosal

Next article

Comments

Leave a reply