beritaIkatan Santri DaerahSeman

Pertama Kalinya!; Workshop Tajhiizul Mayyit Oleh ISRAR

0

 

Bangil, Dalwa Berita- (08/08) ISRAR (Ikatan Santri Banjar) mengadakan acara “Workshop Tajhiizul Mayyit.” Yang dinarasumberi oleh Ustadz Ismail Ayyub, M.Pd.I. selaku ketua bagian kesiswaan Ponpes Dalwa putra. acara Yang berlokasi di Auditorium Ravaa Room lantai 6 Dalwa Hotel ini dihadiri oleh beberapa ustadz penggurus ittihad (persatuan) asal banjar diantaranya; Ust. Zaini, Ust. Adnan Kasaugi, Ust. Faidhurrahman, dan Ust. Jamal, serta 150 audiens yang seluruhnya merupakan anggota organisasi tersebut.
            Acara dimulai selepas sholat Ashar dengan pembacaan Ummul Kitab dan Tilawatil Qur’an, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ustadz Ismail Ayyub. dalam materinya, beliau menjelaskan bagaimana sunah-sunah ketika orang meninggal, serta bagaimana tata cara pengkuburan mayyit, hingga cara pengukuran kain kafan untuk mayyit.
            Dijeda dengan Ishoma untuk waktu Magrib acarapun dilanjutkan dengan praktik memandikan mayyit yang dilaksanakan di lapangan belakang Hotel Dalwa, disana beliau menjelaskan berbagai adab, sunah, serta cara-cara membersihkan mayyit dengan tepat dan benar, dari membasuh kepala sampai ujung kaki.
            “Sebab musabab diadakannya acara ini karena kurangnya pengetahuan para santri muda  tentang tata cara menggurus jenazah, sehingga menyebabkan yang memandikan mayyit hanya para orang tua saja, jarang yang berasal dari kalangan pemuda, dan juga sebagai bekal para audiens ketika mereka pulang ke tempat asal masing-masing” tutur Zaini O. Salah satu panitia workshop kepada kru Dalwa Berita saat sesi wawancara.M.Azh Zhuhri/Red

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Satukan Pergerakan Dan Perbedaan Dalam Kongres Dan Seminar MPI

Previous article

Kawal Penelitianan Seharga 1 Miliar, Lemlit IAI Dalwa Adakan Sosialisasi Penelitian

Next article

Comments

Leave a reply