AfdillahAlumniberitaEvent Pondok

Sosialisasi Proyek Pembangunan Mabna Abuya Hasan Baharun Raih Dana Setengah Miliar

0

Bangil, Dalwa Berita – Seluruh santri dan asatidzah Dalwa berkumpul di lapangan utama pesantren untuk mengikuti acara Sosialisasi Proyek Pembangunan Mabna Abuya Hasan Baharun, Senin malam (13/12).
Acara yang digagas oleh Departemen Kesiswaan Ponpes Dalwa ini bertujuan untuk memperkenalkan gedung yang akan dibangun setinggi sembilan lantai kepada para santri.
Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat pesantren dalam mengembangkan lingkungan tempat belajar. Dengan harapan mereka juga akan rela berjuang untuk kepentingan umat.
“Jadikanlah kesempatan ini sebagai didikan kepada para santri agar mereka rela berjuang demi umat,” ujar Ustaz Ismail, mengutip perkataan dari mudirul ma’had, Abuya Zein.
Pada acara tersebut panitia juga mengadakan Infak Akbar, berupa pengumpulan dana donasi secara offline dan online yang disiarkan melalui channel Youtube dan Dalwa TV.
Infak Akbar ini tidak hanya diikuti oleh santri dan astidzah pondok. Namun juga diikuti oleh para wali santri, alumni dan masyarakat umum yang hadir di tempat maupun yang menyumbang secara online melalui rekening yang disediakan.
Adapun dana yang terkumpul pada malam itu mencapai Rp.553.745.000,00 seperti yang disampaikan oleh Ustaz Kholik, salah satu staf Bagian Kesiswaan.
Proyek pembangunan ini mendapat banyak dukungan dan ucapan selamat dari seluruh penjuru Indonesia. Bahkan ikatan alumni Al-Hasaniyyah Brunei Darussalam juga menyatakan kesiapannya dalam menyempurnakan proyek ini.
Rektor IAI Dalwa, Dr. Habib Segaf Baharun, M.H.I. dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan gedung ini merupakan pengembangan cita-cita Abuya Hasan Baharun. Pendiri Ponpes Dalwa tersebut bercita-cita untuk membangun sistem pendidikan yang tetap mengikuti perkembangan zaman.
“Bangunan ini nantinya tak hanya fenomenal karena berlantai sembilan, tapi karena kelak dari bangunan ini lahir pejabat-pejabat, dokter-dokter yang tak hanya mahir dibidangnya, tapi juga mahir dalam ilmu agamanya,” ujar beliau.
Adapun letak Mabna Abuya Hasan Baharun yang akan dibangun ini berada di bagian utara Ponpes Dalwa Pusat. Pada awalnya, bangunan ini bernama Hatim Ba Ghoffar yang digunakan sebagai tempat untuk perkuliahan dan sekolah umum Ponpes Dalwa.
Pada pertengahan Agustus 2021, bangunan ini dibongkar dan akan diganti dengan bangunan baru yang diberi nama Mabna Abuya Hasan Baharun.
Dr. Habib Segaf Baharun, M.H.I. menyampaikan bahwa nama bangunan baru ini dinamai langsung oleh mudirul ma’had Abuya Zein Baharun. Sebagai pengingat 40 tahun perjuangan Habib Hasan Baharun yang mendirikan Ponpes Dalwa pada tahun 1981 atas perintah dan dukungan dari Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, Makkah.
Pembangunan yang diperkirakan akan menghabiskan dana lebih dari 50 miliar ini direncanakan selesai pada akhir 2022.Afdillah/red.

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Resmi, Kepanitiaan Kertas Dalwa Telah Selesai

Previous article

14 Tahun Kepergian Habib Qosim Baharun, Ittihad ‘Alawiyyin Gelar Haul

Next article

Comments

Leave a reply