KolomOpini

Valentine Day Hari Kasih Semu?

0

Sudah menjadi tradisi setiap 14 Februari banyak umat di seluruh dunia merayakan Valentine Day atau hari kasih sayang maka tak ayal banyak di antara mereka yang memberikan sesuatu yang paling berharga untuk membuktikan keseriusan dan ketulusan cinta padahal semua palsu dan semu belaka, mirisnya hal itu banyak dilakukan khalayak muda dan mudi yang statusnya belum diikat dalam rangkaian tali pernikahan.

Lantas apakah kita hanya diam saja dengan semua itu?

Tentunya tidak! Al Imam Abdullah Bin Alwi Al Haddad menerangkan didalam kitab beliau An Nashoihud Diniyyah, bahwasanya seseorang yang menyaksikan kemaksiatan sedang di dalam hatinya tidak ada ingkar bahkan meridhoi maka orang itu mendapatkan dosa sama seperti dosa yang dilakukan pelaku maksiat.

Benar kiranya kita hidup diera fitnah semua tampak samar, namun bagi muslim haqiqi haruslah cerdas dalam segala tindakan jangan karena mengikuti trend seorang muslim terjerumus dalam ritual atau perayaannya orang non-muslim sebab hal itu tidaklah pantas dan tidaklah layak bagi martabat ke-muslimannya Rosulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk darinya”. (HR. Abu Daud no. 3512 dari Ibnu Umar -radhiallahu anhuma- dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah.

Seharusnya tantangan yang dihadapi umat islam sekarang mengenai Valentine day menjadi PR khusus untuk bukan hanya diselesaikan Lembaga dan institusi terkait lebih dari itu lingkungan sekitar juga berperan besar dalam membagun SDM didalamnya. Dimulai dari lingkup terdekat seperti keluarga. Bukan hanya gertakan semu, akan tetapi butuh edukasi sejak dini yang meyakinkan bahwa budaya tahunan tersebut bukanlah budaya yang sepatutnya diikuti. Bahkan meyakinkan mereka dengan menceritakan sejarah kelam dibaliknya merupakan salah satu cara untuk menjauhkan budaya negative tersebut.

Sebenarnya, Islam tidak melarang cinta. Tapi melarang segala tindak kejahatan yang dilakukan atas nama cinta. Kebanyakan dari kita tertipu dengan platform hari kasih sayang,

Untuk itu mari kita hilangkan memori tentang 14 Februari karena bagi muslim tiap hari yang kita jalani adalah hari kasih sayang kasih sayang dalam Ukhuwah Islamiyyah.WassalamRed/Kak_Kheer

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Langkah Awal Dalwa Menuju The Cyber Islamic University

Next article

Comments

Leave a reply