beritaFahriIkatan Santri Daerah

Arabi Adakan Haul Habib Husein bin Ahmad Baraqbah Ke-267

Arabi Adakan Haul Habib Husein bin Ahmad Baraqbah Ke-266
0

Bangil, Dalwa Berita- Kamis Malam, (23/01/20) Aliansi Robithoh Santri Jambi (ARABI) mengadakan haul Habib Husein bin Ahmad Baraqbah sosok peletak dasar peradaban Islam di Jambi pada abad ke-17, serta pembawa marga Al Baraqbah di Nusantara. Acara yang berlangsung di Qoah Habib Husein bin Aqil ini dimulai pada pukul 21.00 WIB.

                Diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan beberapa sambutan. Dalam salah satu sambutan, Ustadz Bahruddin selaku pembina ARABI memotivasi para santri agar memiliki target positif selama mondok. “Sampai kapan pun kalian mondok, tapi kalau gak ada kemauan untuk berubah maka hasilnya nihil, maka dari itu kalian harus memiliki target.” Beliau menambahkan, “maju atau tidak maju datang dari kalian sendiri. Orang tua hanya bisa mendorong dan mendoakan.”

                       Kemudian acara dilanjutkan dengan manaqib sohibul haul oleh Habib Faiz Al Kaaf.  “Diceritakan, bahwa Habib Husein bin Ahmad Baraqbah merupakan figur yang yang selalu haus akan ilmu dan tak kenal lelah dalam melebarkan sayap dakwah.” Hal ini dibuktikan dengan semangat beliau dalam menyebarkan Islam sampai bumi Nusantara, khususnya di Jambi. Maka pada haul kali ini kita bisa memetik pelajaran untuk dicontoh dari kehidupan Habib Husein bin Ahmad Baraqbah atau yang lebih dikenal dengan tuanku keramat tambak untuk selalu giat dalam mencari ilmu dan selalu bersemangat dalam menyampaikan kebenaran.

                Setelah pembacaan manaqib, acara dilanjutkan dengan maidhatul hasanah oleh Ustadz Bahri Setiawan. Dalam ceramahnya, beliau menyinggung tentang keutamaan hari Jum’at. “dikutip dari kitab Nur al-Lum’ah Fi Khasha-ish Yaum al-Jumu’ah as-Suyuthi, disitu dijelaskan bahwa termasuk keistimewaan hari  Jum’at selain Sayyidul Ayyam yaitu pada hari itu dilahirkan dan diwafatkannya Nabi Adam AS.” Beliau juga menjelaskan keutamaan bagi orang yang membaca Al Musabbiaat (Al-fatihah tujuh kali, An-nas tujuh kali, Al-muawwidatain tujuh kali) setiap selesai sholat Jumat. “setidaknya ada tiga keutamaan ketika kita membaca Al musabbiaat. Pertama, diampuni dosanya yang telah lalu. Kedua, diberi pahala sebanyak orang yang beriman di muka bumi ini. Ketiga, dijaga dari musibah sampai Jumat yang akan datang.”

                Selepas Mauidhatul Hasanah, acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan ditutup doa. Turut hadir dalam haul kali ini, Habib Muhammad al Kaaf, Ustadz Irwan, Habib Lutfi Baraqbah serta anak cucu keturunan Shohibul Haul, abna’ Baraqbah.

“Semoga acara seperti ini tetap berjalan secara istiqamah. Alhamdulillah acara seperti ini sudah berjalan sejak lima tahun yang lalu. Meskipun kami tidak bisa hadir disana, tapi kami bisa mengadakannya disini. Dan terkhir kami berharap kedepannya semoga anggota Jambi lebih bersatu wa bil khusus, ahlul bayt Jambi.” Pungkas Habib Haidar Al munawwar selaku rais ARABI.Fahri/red.

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

الإبداع للتاريخ جمادى الأولى 1441 هـ

Previous article

Alhamdulillah Ketua BAAK Baru Akhirnya Bisa Hadir Di Reuni Akbar BEM Ke-2

Next article

Comments

Leave a reply