Atepberita

Gembira di Hari bahasa Arab Sedunia

Gembira di Hari bahasa Arab Sedunia
0

Bangil, Dalwa Berita- Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia Kamis malam (19/12/2019).  Kemeriahan acara pun disaksikan langsung oleh Mudirul Ma’had Abuya Al habib Zein bin Hasan Baharun, para asatidzah dan tamu undangan serta seluruh santri Ponpes Dalwa Raci.

Ustadz Farid selaku pembina acara mengatakan bahwa tujuan diadakan peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia ini untuk syiar dan memicu santri agar lebih semangat lagi dalam belajar dan berbicara dengan Bahasa Arab. Sebagaimana yang dikatakan oleh Abuya “Acara ini syiar lillughotul ‘arobiyyah. Juga untuk menambah semangat belajar dan bicara Bahasa Arab.” Tutur beliau dalam sebuah sambutan.

Beliau juga mengungkapkan kegembiraannya karena telah terhibur dengan pertunjukan hasil kreasi santri ini.

“Untuk event ini ada keunikan tersendiri, seperti Masrohiyah (drama) Abu Nawas, ana seneng tuh. Ada juga debat persahabatannya dan lahjah bahasanya juga kena.”, ungkap Fahri santri asal Malang.

Dengan beragam inovasi terbaru, acara peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya.

“Sebelumya juga ada peringatan seperti ini di tahun kemarin, namun sekedar seminar. Tahun ini kita memberi inovasi yang baru.” ujar Sayyid Zain Al Munawar selaku divisi Humas panitia acara kepada redaksi Dalwa Berita.

Di waktu sore setelah ashar, panitia menyuguhkan bazar dengan berbagai produk khas Dalwa, mulai dari makanan sampai pakaian tersedia di stand yang sudah disiapkan dengan rapi. Selain itu, yang menambah lagi suasana meriah adalah ketika berlangsungnya debat persahabatan Bahasa Arab secara terbuka antara tuan rumah dengan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang pernah mengikuti Qatar Debate Internasional.

Acara pun dilanjutkan kembali setelah isya yang diawali dengan pembacaan berita Dalwa TV menggunakan Bahasa Arab. Kemudian sambutan dari Al-Akh Muhammad Nizar sebagai ketua pelaksana acara. Sambutan kedua oleh Ustadz Kamal Mukhlis yang mewakili Asatidzah khususnya alumni Abuya Sayyid Mumammad bin Alwi Al maliki sekaligus membuka dan meresmikan acara mewakili Mudirul Ma’had.

Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi, “Saya belum pernah menghadiri acara ini, khususnya para alumni Abuya Maliki, belum pernah menghadiri acara seperti ini kecuali disini.”

Setelah itu, pementasan drama Bahasa Arab yang mengisahkan Abu Nawas juga berhasil mengibur para hadirin. Ditambah dengan adanya Doorprize, membuat santri semakin semangat untuk mengikuti acara. Tidak kalah meriah juga ketika santri melantunkan lagu layaknya orang Arab. Panitia juga mempersembahkan drama Bahasa Arab ke dua yang membahas kenangan lucu berbahasa Arab yang terjadi di zaman Abuya Hasan. Sebagai penutup acara, panitia menyuguhkan pertunjukan tari zapin khas Arab dan doa yang dipimpin langsung oleh Mudirul Ma’had Abuya Al habib Zein bin Hasan Baharun .Atep/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Drama Abuya Hasan Dengan Santri Di Hari Bahasa Arab Sedunia.

Previous article

Dalwa Kirim Utusan Ke Kampung IT Di Solo

Next article

Comments

Leave a reply