AlumniberitaEvent PondokEzraLuar PondokPondok PesantrenUlama

Dihadiri Banyak Ulama, Haul Akbar Abuya Hasan Baharun ke-24 Berjalan Khidmat

0

Jakarta, Dalwa Berita – Acara Haul Akbar Abuya Hasan Baharun ke-24 berjalan khidmat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Ahad malam (11/9/2022).

Acara dipandu oleh Habib Muhammad bin Alwi Al-Haddad, Pimpinan Ponpes Dilwa sebagai MC. Diawali dengan pembacaan Yasin dan Ratib al-Haddad berjamaah setelah maghrib dipimpin oleh Habib Muhammad Dibaj bin Ja’far Al-Haddad.

Diselang sholat Isya, acara dilanjut dengan pembukaan dan tartibul fatihah oleh Habib Muhsin bin Idrus Al-Hamid, salah satu pengajar senior di Ponpes Dalwa.

Acara pun diisi dengan pembacaan Maulid Simtuddhuror oleh beberapa ulama, di antaranya Habib Mahdi bin Syahab (Palembang), Habib Novel Alaydrus (Solo), Habib Hasan Al-Jufri (Cirebon), Dr. Hb. Ali Al-Jufry (Palu), Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi (Kwitang), Habib Muhammad bin Ahmad Vad’aq (Bekasi), Habib Hasan bin Abdul Qodir Alattos (Bogor), Habib Ahmad Al-Habsyi (Pasuruan) serta qosidah hadromiyyah oleh Habib Hasan bin Abdurrahman Al-Habsyi (Jakarta).

Mahalul qiyam dipimpin oleh Habib Hasan bin Ja’far Assegaf, Pimpinan Majelis Taklim Nurul Musthofa Jakarta Selatan, dan disambung dengan pelantunan lagu Indonesia Raya oleh semua hadirin. Syamail Nabi dibacakan oleh Dr. Hb. Ahmad bin Abdullah Al-Kaff dan diakhiri dengan pembacaan doa maulid oleh Habib Abu Bakar bin Ali Assegaf (Gresik).

Acara kemudian dilanjut dengan pelantunan ayat suci Al-Quran oleh Ustadz Saefurrijal (Bogor), salah satu qori pada zaman Abuya Hasan Baharun. Di tengah-tengah acara, panitia membagikan selembaran kertas yang berisi doa dan sholawat, seperti sholawat untuk menolak bencana tahunan, sholawat busyro serta doa Nabiyullah Khidir a.s.

Sambutan pertama disampaikan oleh Habib Jadid Assegaf, Ketua Panitia Haul Akbar Abuya Hasan Baharun ke-24 dan ketua Alhasaniyyah Jabodetabek. Dalam sambutannya, beliau mengutarakan maksud diadakannya acara haul akbar di Masjid ikonik kota Jakarta tersebut.

“Acara ini diadakan tidak ada lain kecuali (untuk) berkhidmat kepada guru-guru kami sekaligus mewujudkan kesetiaan dan loyalitas kami kepada guru-guru kami.”

“Dan tidak ada lain tujuan kita dalam acara ini adalah silaturahim antara umat Islam, karena tentunya silaturahim ini menjadi sesuatu yang sangat diharapkan oleh Nabi kita, Muhammad saw. dan itu pula menjadi cita-cita guru kita, Abuya Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun di akhir hayatnya. Harapan kami semuanya dengan kita merajut silaturahmi, persatuan umat Islam di acara ini akan terciptanya negeri kita baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur,” jelasnya.

Disambung dengan sambutan oleh Imam besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A., Kapolri, Jend. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Habib Alwi bin Segaf Baharun dan Dr. Al-Habib Segaf bin Hasan Baharun, M.H.I.

Acara malam itu pun dipungkasi dengan tahlil singkat yang dikomandoi oleh Habib Hafiz Alaydrus dan talqinuddzikr yang dibawakan oleh Habib Jailani bin Mahdi Assyathiri (Hadromaut) dan Syekh Muhammad Amin As-Syinqithi (Mekkah). Doa sebagai penutup acara dipimpin oleh Abuya Al-Habib Zein Baharun, Pimpinan Ponpes Darullughah Wadda’wah, Pasuruan, Jawa Timur.Ezra/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Persiapan Acara Haul Akbar Abuya Hasan Baharun ke-24 di Masjid Istiqlal

Previous article

JUNI-JULI

Next article

Comments

Leave a reply