AlumniberitaEzrahabib hasan

Persiapan Acara Haul Akbar Abuya Hasan Baharun ke-24 di Masjid Istiqlal

0

Jakarta, Dalwa Berita – Ahad (11/9/2022), acara Haul Akbar Abuya Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun ke-24 akan dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Acara haul akbar ini dipanitiai oleh Ikatan Alumni Ponpes Dalwa Alhasaniyyah Jabodetabek.

Habib Jadid bin Abdurrahman Assegaf selaku Ketua Panitia acara menuturkan bahwa acara ini dicetuskan oleh Habib Segaf Baharun, sebagai upaya mewujudkan salah satu cita-cita almarhum Abuya Hasan.

“Pencetus ide (acara ini) dari abna Abuya, khususnya habibana Segaf dan (diteruskan) kepada kita abna Al-Hasaniyah Jabodetabek untuk mewujudkan salah satu cita-cita Abuya Hasan, yaitu menyatukan semua kalangan lii’la kalimatillah, menjunjung tinggi syiar Allah swt. dan Nabi Muhammad saw.,” ungkap beliau kepada Dalwa Berita.

Acara kali ini dilaksanakan 7 hari setelah tanggal haul Abuya Hasan Baharun, 8 Shofar. Hal tersebut karena panitia yang menyesuaikan dengan izin yang diberikan oleh pengurus Masjid Istiqlal, sebagaimana yang dituturkan oleh Habib Jadid.

“Kita mengikuti tartib apa yang ada di Istiqlal. Kita ini maunya pada waktu tersebut (tanggal haul Abuya Hasan), cuma kita ngikutin (sesuai tanggal) keluar izinnya (hari ini). Izinnya itu gak mudah, cuma berkat orang-orang yang ada di Istiqlal yang mengetahui siapa figurnya Abuya Hasan bin Ahmad Baharun. Alhamdulillah kita dipermudah dan hari inilah tepatnya kita bisa melaksanakan haul beliau dan doa untuk bangsa,” ujar Habib asal Bogor tersebut.

Persiapan haul ini dilaksanakan selama 2 bulan lebih, terhitung sejak direncanakannya penyelenggaraan acara ini. Umbul-umbul peringatan acara pun terpampang di sepanjang jalan mengitari Masjid Istiqlal.

“(Umbul-umbul) dipasang sejak 3 hari yang lalu, kurang lebih ada 200 umbul-umbul,” jelasnya.

Sebagai ketua panitia, Habib Jadid pun bersyukur mendapatkan respon yang mendukung dari banyak ulama dan habaib di Indonesia, khususnya Jabodetabek.

Acara akan dimulai setelah melaksanakan sholat Maghrib berjamaah di tempat acara.Ezra/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Nulis? Just Write It

Previous article

Dihadiri Banyak Ulama, Haul Akbar Abuya Hasan Baharun ke-24 Berjalan Khidmat

Next article

Comments

Leave a reply