beritaEvent PondokIlham Maulidi

Dzikir dan Tahlil Nasional, Hadiah Santri untuk Para Pahlawan Nasional

0

Bangil, Dalwa Berita- Rabu malam (16/08/2023) Ponpes Darulughah Wadda’wah mengelar zikir nasional dalam rangka menyambut hari kemerdekan Indonesia ke-78 di lapangan Dalwa Pusat.

Pembacaan tahlil dihadiahkan kepada para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dengan tema Akulturasi Syariat dan Budaya dalam Kemerdekaan Indonesia.

Sebelum pembacaan tahlil, ada orasi kemerdekaan yang disampaikan oleh Ustaz Imaduddin dan Ustaz Kholili Hasib terkait dalam tema tersebut.

Ustaz Imaduddin mengungkapkan, sebelum kemerdekaan Indonesia, Indonesia  di bawah naungan kesultanan Islam yang menyebar dari pulau Sumatera sampai ujung timur Indonesia dan  menyatukan bangsa Indonesia serta aktif berperan melawan para penjajah sampai kemerdekaan Indonesia.

Ustaz Kholili Hasbi juga mengungkapkan, kemerdekaan Indonesia tidak hanya pembebasan negara dari penjajah, tapi juga kemerdakaan dari kebodohan. Turut berperan dalam kemerdekaan tersebut antara lain wali songo.

“Pahlawan kita itu banyak. Yang tertera di dalam buku sejarah itu di antara sekian, tidak semuanya. Wali songo juga pahlawan kita juga para waliyullah juga pahlawan dari kebodohan dan kegelapan itulah kita pahami bersama bahwa supaya mengenang jasanya tak hanya satu dua pahlawan yang kita kenang tapi semuanya (kita) kenang,” ungkap beliau.

Beliau berharap santri bisa mengikuti tapak tilas perjuangan para pejuang kemerdekaan yang di antaranya banyak dari kaum santri yang terbentuk dalam Laskar Hizbullah.

“Hari ini peperangan masih terjadi dengan bentuk ilmu pengatahuan, lewat sains, teknologi dan seterusnya. Itu perperangan hari ini yang mana dibutuhkan para laskar-laskar yang membangkitkan Indonesia dari penjajahan di era modern seperti laskar hisbullah zaman kemerdekaan” ungkap beliau.ilham/red.

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Hari Asyura, Hari Raya Anak Yatim

Previous article

Pameran Sejarah Kemerdekaan Telah Dibuka Kembali

Next article

Comments

Leave a reply