beritaEvent Pondok

Festival Iedul Adha Ditutup Dengan Nyate Bersama

0

Bangil, Dalwa Berita Sabtu malam (01/07/2023) bertepatan 13 Dzulhijah 1444 H, berbagai pertunjukan diikuti nyate bareng bersama Abuya Zein Baharun di lapangan Dalwa pusat dalam acara closing lebaran Idul Adha.

Acara nyate bersama ini sudah terhitung ke-3 kalinya. Acara ini tetap diadakan karena keinginan Abuya Zein Baharun untuk menyenangkan hati para santri di hari lebaran iedul adha yang ada di pesantren.

Daging sate yang dibagikan untuk para santri disesuaikan dengan jumlah santri yang ada di kamar masing-masing. Adapun untuk daging sapi atau kambing dibagikan dengan cara berbeda.

“Untuk santri putra itu biasanya dicampur dengan daging kambing, tapi kalau untuk santri putri itu semuanya khusus daging sapi karna mereka dikhususkan oleh Abuya,” ucap Habib Alfiri sebagai panitia penimbangan daging.

Adapun pertunjukan yang ditampilkan pada malam itu diambil dari pemenang lomba selama Idul Adha dan hari Tasyrik.

Al-Habib Muhammad bin Yahya, salah satu dewan asatizah yang hadir pada malam itu menjelaskan pesan yang dapat kita ambil.

“Acara ini sesuai dengan sabda Nabi Shallahu ‘Alaihi Wasalam, ayamu tasyrik itu hari kita makan-makan, senang-senang, mendapatkan jamuan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,”

Beliau juga mengatakan bahwa daging yang sudah dibagikan kepada sesama menunjukkan bahwa agama Islam sangat peduli pada sosial, peduli terhadap orang-orang miskin atau yang tidak mampu sehingga bisa merasakan kebahagian sama dengan kita.

Ramdan, salah satu santri berasal dari Pontianak mengatakan bahwa nyate bersama tahun ini adalah Dalwa berasap yang paling keren dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pertama kali berasa Dalwa berasap itu biasa saja. Eh,, ditahun kedua makin ajib karna diselingi acara dengan Ustadz Ismail Ayyub dan sekarang lebih ajibnya lagi, acara plus hadirnya Abuya,”ucapnya.

Ridwan, santri asal Bogor yang pertama kali merasakan acara nyate bersama di Dalwa mengatakan bahwa ia sangat senang atas kemeriahan acara malam ini, karena bisa berkumpul dengan Murabbi Abuya Zein bin Hasan Ahmad Baharun.Amir/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Rayakan Idul Adha dengan Berbagai Perlombaan

Previous article

Dinilai Kurang Efektif, Program Tahfiz Dalwa 4 Terapkan Sistem Baru

Next article

Comments

Leave a reply