AfdillahArtikelKolom

Hari Ibu Nasional, Berikut Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Lakukan!

0

Bagi kehidupan manusia, sosok ibu adalah sosok yang paling besar jasa dan pengaruhnya terhadap kehidupan ini. Sosok Ibu tak sekedar memasak, mencuci dan membersihkan segala perabotan rumah tetapi ibu juga mengurusi semua hal yang berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan sebuah rumah seperti memastikan kesehatan anggota keluarga, memastikan anak mendapat pendidikan dan lingkungan yang baik, menemani anak belajar di rumah serta memberikan cinta dan kasihnya yang tak terhingga kepada seluruh anggota keluarga.

Besar tanggung jawab seorang ibu menjadikan Islam memposisikan seorang ibu berada di atas seorang ayah. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah saw menyuruh kita untuk berbuat baik kepada ibu tiga kali lebih besar dibanding kepada ayah.

“Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’. Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu’. Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’, Nabi SAW menjawab ‘Ibumu’.

Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’, beliau menjawab ‘Ibumu’. Orang tersebut bertanya kembali, ‘ Kemudian siapa lagi,’ Nabi menjawab ‘Kemudian ayahmu’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bagi seorang Muslim menghormati dan senantiasa berbakti kepada orang tua terlebih adalah seorang ibu adalah sesuatu hal yang diwajibkan. Berbaktinya kita kepada ibu bukan hanya memenuhi norma kesopanan saja, melainkan sebagai bentuk taat kita terhadap perintah Allah Swt.

Kewajiban berbakti kepada kedua ibu dilaksanakan setiap hari tanpa memandang hari-hari tertentu, tapi tidak ada salahnya juga kita jadikan beberapa hari diantara hari-hari yang ada dengan memberikan sesuatu yang lebih istimewa dan spesial bagi ibu kita.

Di momen Hari Ibu ini, berikut diantara beberapa cara untuk merayakan Hari Ibu Nasional:

  1. Memberikan Ibu hadiah

Diantara hal yang dapat membuat ibu kita senang adalah dengan memberikannya kado atau hadiah. Sekecil apapun pemberian kita, seorang ibu akan menganggap hadiah yang diberikan itu adalah kado yang amat spesial baginya yang tak akan terlupakan seumur hidupnya.

  1. Dengan memberikan ucapan selamat

Bagi kita yang sedang tidak bersama orang tua, bisa kiranya kita menggunakan cara ini untuk memberikan kesan spesial baginya. Sebab Habib Ahmad bin Abu Bakar Al-Habsyi, salah seorang da’i kondang asal Palembang pernah berkata:

“Diantara bukti cintanya seorang anak kepada orang tua, ia hafal dan memberikan ucapan selamat di hari/ momen spesial orang tuanya tersebut, karena hal itu menjadi bukti dari perhatiannya seorang anak terhadap orang tuanya,”

  1. Minta maaf kepadanya

Tak hanya mengucapkan selamat, di momen ini sepatutnya kita jadikan waktu yang tepat bagi kita untuk meminta maaf kepadanya; meminta maaf dari segala kesalahan yang diperbuat dan berjanjilah kepadanya bahwa kita akan senantiasa berbakti dan memenuhi segala hak-hak kita kepada kedua orang tua kita.

  1. Meminta doa darinya

Di momen spesial ini tak ada salahnya bagi kita untuk meminta doa-doa baik darinya seperti meminta doa agar dipermudah segala urusan, dilancarkan dan dibanyakkan rezeki serta minta doa agar kita senantiasa diberikan kekuatan untuk bisa berbakti kepadanya hingga akhir hayat kita. Sebab doa dari orang tua kepada anaknya itu tak akan tertolak, hal ini sebagaimana sabda Nabi Saw. “Doanya orang tua kepada anaknya itu laksana doanya para Nabi kepada umatnya,”

Habib Ahmad Al-Habsyi dalam bukunya Ada Surga Di Rumahmu menuliskan bahwa saat ini banyak diantara kita yang jauh-jauh meminta doa kepada ulama atau wali-wali Allah yang memiliki keramat sampai melupakan bahwa  keramat terbesar sesungguhnya sebenarnya ada di dekat kita, yakni kedua orang tua kita.

  1. Mendoakannya selalu

Tak hanya meminta doa darinya, kita juga harus terus menerus meletakkan orang tua kita dalam setiap doa yang kita panjatkan. Terlebih buat kita yang ibundanya telah berpulang mendahului. Di momen ini kita bisa mengirimkan doa, pahala bacaan Al-Quran hingga pahala sedekah yang kita niatkan spesial buat ibu kita. Semoga dengan hal ini ibu kita akan mendapatkan naungan dan rahmat dari Allah Swt. sebab kita.

Demikian sekelumit cara untuk merayakan Hari Ibu Nasional, berikan kasih sayang terbaik kita kepada mereka dan pastikan kita tetap menjaga diri agar mereka senantiasa ridho terhadap kita.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Milad UII Dalwa KE-1, Habib Segaf Baharun: Dakwahnya Santri Dalwa Harus Masuk Ke Semua Kalangan

Previous article

Seminar Ilmiah Perayaan Hari Bahasa Arab Sedunia, Kemukakan Kemuliaan Bahasa Arab

Next article

Comments

Leave a reply