beritaFahri

Iktitam Kitab Risalatul Muawanah

Iktitam Kitab Risalatul Muawanah
0

Bangil, Dalwa Berita- Setelah sekitar berjalan dua tahun pada setiap hari Senin dan Jumat mengkaji kitab Risalatul Muawanah bagi jenjang Tsanawiyah dan Aliyah santri Ponpes Dalwa.  Pada Senin malam (23/12/19) Ponpes Dalwa mengadakan ikhtitam pengkajian kitab Risalatul Muawanah yang diasuh oleh Habib Abdullah bin Abdurrahman al Muhdhor

              Pada akhir kajiannya, beliau memaparkan banyak hal. Salah satunya tentang keutamaan Rosulullah ﷺ. “Bagaimana Allah سبحانه و تعالى memuliakan beliau dengan panggilan yang lebih halus. Tidak seperti ketika Allah memanggil para nabi. Allah سبحانه و تعالى langsung menyebut namanya. Ya Daud, Ya Isa, Ya Musa, Ya Yahya. Berbeda dengan ketika Allah memanggil Nabi Muhammad, beliau menyebut beliau dengan julukannya, Ya Mudatsir. Wahai orang yang berselimut.” Papar beliau.

 Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang hakikat ulama. “Al ulama’ al amilin yuqarribuna al ibad ilaa rabbi al ibad. Wa yuhbibuna al ibad ilaa rabbi al ibad.” (Ulama yang mengamalkan ilmunya adalah mereka yang mendekatkan hamba kepada Dzat yang memiliki hamba. Dan dan dia mengajak hamba untuk mencintai tuhannya.

                Diakhir penjelasannya, Syeikh Muhdhar mengungkapkan, “barang siapa yang mengamalkan apa-apa yang ada di dalam kitab Risalah al Muawanah, maka itu adalah jalan untuk sampai menuju Allah سبحانه و تعالى.”

Ada pun rencananya, setelah ikhtitam ini, kajian-kajian selanjutnya akan diganti dengan kitab Adda’watutammah wa tadzkiratil ammah karya Habib Abdullah bin Alwi al Haddad yang mengupas tentang kiat-kiat metodologi dakwah sesuai tuntunan Nabi ﷺ.

Dalam kajiannya kali ini, beliau ditemani oleh Ustadz Muhammad bin Yahya, salah satu staff pengajar Ponpes Dalwa. kemudian acara iktitam pun diakhiri dengan doa oleh beliau. “Alhamdulillah, semoga kita bisa sama-sama mengamalkan apa yang diwejangkan oleh beliau.” Pungkas Dolah selaku santri kelas tiga Tsanawiyah. Fahri/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Bangga ! IAI Dalwa Menjadi Tuan Rumah Pertemuan APAISI

Previous article

الإبداع للتاريخ 20 ربيع الأخير 1441 هـ

Next article

Comments

Leave a reply