beritaTaslim

Kemuliaan Mendapatkan Ijazah Silsilah Sanad Emas dari Sang Muhaddis

0

Bangil, Dalwa Berita – Rabu malam (6/9/2023), lagi-lagi Ponpes Dalwa kedatangan tamu mulia, kali ini dari negeri Yaman, Tarim-Hadramaut, yaitu Syekh Yasir Al-Adni bin Salim Al Syuhairi, di Masjid Baitul Ghoffar, Dalwa Pusat.

Beliau adalah Pendiri dan Pimpinan Institut Darul Hadist Li Irtsin Nabawi. Sebuah instasi yang berfokus pada bidang ilmu hadis. Selain seorang ulama hadis, beliau juga seorang Hakim di Tarim tepatnya di Kota Adn.

“Beliau adalah seorang Profesor dan guru besar dalam ilmu hadis dan akidah juga merupakan seorang qodhi (hakim) yang telah bertugas di Provinsi Adn dari tahun 2001 sampai sekarang. Beliau juga seorang pimpinan di sebuah institusi atau perguruan tinggi Islam yang fokus mengkaji ilmu hadis bernamakan Darul Hadist di Tarim, Hadhromaut-Yaman,” ujar Ustaz Abdurrahman Fahmi, yang menyambut beliau di tempat.

Lebih lanjut, di Ponpes Dalwa beliau menyampaikan seminar ilmiah mengenai ilmu hadis dan memberikan ijazah silsilah sanad hadis Nabawi yang bersambung langsung sampai sumber hadis tersebut, yakni Nabi Muhammad Saw..

Syekh Yasir Al Syuhairi terkagum setelah menyampaikan seminarnya di Dalwa, karena ini pertama kalinya beliau menyampaikan materi di Indonesia tanpa penerjemah.

“Masya Allah pertama kali tentunya saya menyampaikan ceramah di Indonesia tanpa penerjemah, saya bisa menyampaikan tanpa perlu ada orang yang harus mengulanginya,” ungkap beliau dengan bahasa Arabnya pada Per Dalwa Berita ketika diwawancara.

Beliau juga mengatakan bahwa Ponpes Dalwa adalah pesantren yang berkaitan erat dengan madrasah ahlul bait.

“Pondok ini termasuk pondok yang muntasib (berkaitan erat) dengan Madrasah Ahli Bait,” ucap beliau.

“Kami amat senang dengan berkunjung ke sini meski tidak bertemu dengan Habib Zein dan yang lainnya, tapi insya Allah hasil maksud kami,” lanjut hakim Adn tersebut.

Sebagai pendiri Instansi yang memperhatikan bidang ilmu hadis, beliau ungkapkan bahwa berdirinya Instansi tersebut untuk menyempurnakan segala bidang keilmuan di Tarim.

“Kami bermusyawarah dengan Habib Abu Bakar dan Habib Umar bin Hafidz, terbangunlah pesantren Darul Hadist Li Irtsin Nabawi di Tarim untuk menyempurnakan bangunan ilmu di Tarim,” ucap Sang Pendiri Institut Darul Hadist Li Irtsin Nabawi.Taslim/red.

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Syekh Dr. Yasir Al Qodhmani, Dai Damaskus Penyebar Ilmu dan Tarekat Bani Ba ‘Alawi

Previous article

Seminar Ilmiah Internasional dengan 2 Syekh Asal Timur Tengah

Next article

Comments

Leave a reply