beritaTaslim

Syekh Dr. Yasir Al Qodhmani, Dai Damaskus Penyebar Ilmu dan Tarekat Bani Ba ‘Alawi

0

Bangil, Dalwa Berita – Selasa malam (5/9/2023), Ponpes Darullughah Wadda’wah mendapat kehormatan dengan kedatangan tamu mulia dari tanah Suriah, Syekh Dr. Muhammad Yasir bin Syekh Al-Khoir Al Qudhmani. Masjid Baitul Ghoffar, Ponpes Dalwa Pusat.

Beliau adalah seorang dai kelahiran Suriah, tepatnya di kota Damaskus. Beliau dahulu kuliah di Universitas Islam Madinah. Kemudian melanjutkan studinya di Hadramaut dan bertemu Habib Umar bin Hafidz.

“Beliau dulu kuliah di Jami’ah Al-Islamiyah di Madinah Al-Munawwaroh. Setelah itu beliau ke Hadramaut dan mengenal para habaib, di antaranya Habib Umar bin Hafidz, kemudian terikat dengannya dan masuk ke thoriqoh-nya mencintainya dan kuat ikatannya,” jelas Habib Ali bin Hasan Baharun yang menjamu beliau.

Beliau juga ternyata adalah guru dari Syekh Mar’i, Syekh pengajar di Ponpes Dalwa. Syekh Mar’I pernah meminta gurunya untuk menulis suatu karangan mengenai keturunan Rosulullah saw. sehingga tertulislah buku setebal 350 halaman.

“Syekh kita, Syekh Mar’i itu murid dari beliau (Syekh Yasir) dan meminta beliau untuk menuliskan suatu tulisan tentang sadah Alawiyyah, sehingga beliau menulis suatu kitab kurang lebih 350 halaman tentang sadah Alawiyyah. Masya allah, karena cintanya beliau ke keturunan Nabi Muhammad,” lanjut Habib Ali.

Saat ini Syek Yasir berdakwah di Damaskus, menyebarkan ilmu dan ajaran Bani Alawi di sana.

“Sekarang beliau tinggal di Damaskus, menyebarkan ilmu dan menyebarkan Thoriqoh Al Alawiyyah di Damaskus,” ujar Sang Pembina Dalwa 2 & 3 itu.

Beliau disambut oleh Habib Ali bin Hasan Baharun dan langsung menuju masjid untuk hadiri acara Seminar Ilmiah.

“Paling agungnya nikmat setelah nikmat tauhid adalah mempunyai akidah yang baik,” ucap Syekh Yasir, dalam penyampaiannya.

Lebih lanjut, beliau memberikan cara untuk menghentikan penyimpangan dalam berakidah. Salah satunya berdakwah dengan lembut dan santun.

“Selesainya kerusakan ini adalah dengan berdakwah, menyampaikan ilmu yang kalian dapat yaitu dengan hikmah dan mau’izhoh al-hasanah,” seru beliau.

Di acara tersebut juga diumumkan para dai terbaik pada latihan Muhadhoroh Maidaniyyah (latihan ceramah bulanan) dan kamar terbaik dalam penyambutan dai pada latihan ceramah mingguan.

Hadiah langsung diberikan oleh Syekh Yasir pada para dai.Taslim/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Meraup Berkah dengan Penutupan Majlis Pembacaan Hadrah Basaudan

Previous article

Kemuliaan Mendapatkan Ijazah Silsilah Sanad Emas dari Sang Muhaddis

Next article

Comments

Leave a reply