beritaPondok PesantrenRedaksiSandiTamuUlamaWawancara

Kunjungan ke-2 Prof. DR. Alawi bin Hamid bin Syihabuddin ke Ponpes Dalwa.

0

Bangil, Dalwa Berita – Pendiri pondok pesantren Darul Hadis Tarim- Hadramaut, Dr. Habib Alawi bin Hamid bin Syihabuddin lakukan kunjungan kedua ke Ponpes Dalwa sekaligus memberikan seminar ilmiah pada Rabu sore (29/05/2024)

Acara yang dilaksanakan di masjid Baitul Ghaffar ini mengangkat tema “الشباب المسلم الى اين؟” (Pemuda Muslim Kemana?)  

Ustaz Abdurrahman Fahmi selaku yang bertugas menyambut beliau mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan keinginan pribadi dari Habib Alwi yang beliau utarakan pada habib Segaf Baharun, karena kebetulan saat itu posisi beliau sedang mengisi acara di kota Samarinda.

Ia menambahkan bahwa seminar tersebut diadakan atas permintaan Abuya Zein Baharun yang menginginkan santri-santri mendapat serapan baru dari para ulama yang berkunjung ke Dalwa.

“Memang dari Abuya kalo ada tamu, kalau gak baca kitab setidak ada maudu (tema) yang dibahas sehingga pembahasan itu tidak yatakarrar (berulang-ulang),” ujarnya.

Habib Alwi sendiri pernah menatap di Dalwa hampir selama sebulan pada kunjungan pertamanya tahun 2019 lalu, namun pada kunjungan kali ini beliau mengatakan tak bisa berlama-lama karena masih harus mengurus pondok Darul Hadis yang baru beliau bangun.

“Berbeda saat pertama kali kesini saya mesih belum punya pondok, sekarang saya sedang merintis pondok Darul Hadis di Tarim-Hadramaut,” ucap beliau kepada reporter Dalwa Berita.

Di akhir seminar, ulama pakar hadis yang telah mengarang puluhan kitab salah satunya adalah syarah arba’in Nawawi tersebut berkesempatan untuk memperkenalkan kitab terbarunya “Ghazawat Rasul” yang beliau karang selama hampir 4 tahun terakhir. kitab ini secara ringkas menerangkan tentang kejadian keadian di zaman Nabi yang sesuai dengan hadis shohih dan dikemas dengan sistem tanya jawab.

Adapun buku tersebut kini tersedia di kantor bagian kesiswaan pondok. sandi/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Kesan Kunjungan Habib Abdurrahman BSA ke Dalwa: “Baru Di Sini Saya Bisa Berbicara Tanpa Penerjemah,”

Previous article

Apakah Keberagaman Faktor Penghambat Kemajuan Indonesia?

Next article

Comments

Leave a reply