beritaEvent PondokPondok PesantrenRedaksiSandiTamuUlama

Kesan Kunjungan Habib Abdurrahman BSA ke Dalwa: “Baru Di Sini Saya Bisa Berbicara Tanpa Penerjemah,”

0

Bangil, Dalwa Berita- Ponpes Dalwa kedatangan tamu spesial, Habib Abdurrahman putra dari mufti Tarim Al-Habib Ali Masyhur bin Hafidzbin Syaikh Abu Bakar bin Salim pada Minggu pagi (26/5/2024)

Didampingi oleh Habib Idrus bin Muhammad Alaydrus Surabaya beliau berkesempatan mengisi halaqah subhiyyah di Masjid Baitul Ghaffar yang dihadiri seluruh santri Ponpes Dalwa pusat.

Pada penyampainnya, Habib Abdurrahman yang juga merupakan saudara sesusuan dari Habib  Umar bin Hafidz itu mengungkapkan kekagumannya pada perkembangan Ponpes Dalwa yang begitu pesat, baik dari segi bangunan maupun jumlah santrinya.

Terutama dalam segi bahasa Arabnya, beliau mengatakan bahwa dari safari dakwah yang beliau lakukan di Asia saat ini, baru di Ponpes Dalwa inilah beliau bisa menyampaikan pengajian tanpa perlu penerjemah di sampingnya.

“Dalam kunjunganku di benua Asia, hanya di pondok ini saya bisa berbicara tanpa menggunakan penerjemah,” ungkap beliau.

Dimulai dari selepas shalat subuh, Habib Abdurrahman banyak menyampaikan nasehat-nasehat yang berkaitan tentang kewajiban bagi penuntut ilmu. Mulai dari mengikuti sunnah-sunnah Nabi Muhammad Saw. seperti bangun malam, bersiwak, mendahulukan kaki kanan ketika masuk masjid hingga keharusan menjaga ikatan kepada sang guru dalam hal ini adalah Abuya Al-Habib Hasan Baharun.

Tausiyah beliau diakhiri dengan pembacaan syiir Robbi fanfa’na bibarkatihim wahdinal husna bihurmatihim bersama seluruh hadirin yang kemudian ditutup dengan doa.

Menurut santri-santri yang ditunjuk untuk menemani beliau selama di Dalwa, beliau dikabarkan sampai Ponpes Dalwa pukul 02.00 dini hari dan ditempatkan di Dalwa Hotel Syariah, lalu selepas subuh langsung berangkat menuju Masjid Baitul Gaffar untuk mengisi halaqah, dan dilanjutkan dengan ramah tamah di kediaman mudirul mahad Abuya Al-Habib Zein Baharun. Kesempatan ini beliau manfaatkan sebaik mungkin sebab pada sore harinya beliau berencana akan langsung berangkat menuju Malaysia.Sandi/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Musma Ke II HMPS PBA Sukses Digelar

Previous article

Kunjungan ke-2 Prof. DR. Alawi bin Hamid bin Syihabuddin ke Ponpes Dalwa.

Next article

Comments

Leave a reply