Afdillahberita

Kunjungi Ponpes Dalwa, Cicit Pengarang Kitab Simtud Durar Ajak Santri Baca Hadits Tsulatsiyyat Shahih Bukhari

0

Bangil, Dalwa Berita- Cicit pengarang maulid Simtud durar Al Habib Muhammad bin al-Munsib Ali bin Abdul Qodir bin Muhammad bin Ali (Pengarang Maulid Simtudduror) bin Muhammad al-Habsyi kembali kunjungi Ponpes Dalwa, Sabtu siang (18/11/2023).

Kedatangan Habib Muhammad disambut hangat oleh Habib Ali bin Hasan Baharun. Pada kali ini Habib Muhammad ditemani saudaranya, Habib Abu bakar bin al-Munshib Ali bin Abdul Qadir Al-Habsyi dan Habib Alwy Al-Habsyi.

Dalam kunjungan ini beliau memberikan ijazah pembacaan maulid simtud durar, dan semua kalam hikmah dan kitab-kitab yang dikarang oleh Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Tak sampai disitu, beliau mengajak santri untuk menyimak pembacaan Hadits Tsulatsiyat Shahih Bukhari yang dikarang oleh Imam Bukhari.

Apa itu hadits Tsulatsiyat Shahih Bukhari?

Hadits Tsulatsiyat yaitu hadits yang mana antara ulama yang mengeluarkan hadits tersebut, (Imam Al-Bukhari) dengan Nabi shallahu ‘alaihi wasallam hanya terdapat tiga perawi saja.

Diantara faidah dari Hadits Tsulatsiat Shahih Bukhari ini adalah: (1) Ketinggian dan bagusnya Sanad, (2) Kedekatan dengan sebaik-baik generasi, (3) Kemudahan dalam mengecek para rijal sanad, (4) Lebih dekat kepada keshahihan hadits, dan (5) Mudah dihafal, karena jalur dan jumlahnya sedikit.

Dikitab Shahih Bukhari sendiri terdapat 22 hadits, yaitu dari Jalur Sanad Makiy bin Ibraahim dari Yazid bin Abiy ‘Ubaid dari Salamah bin Al Akwa radhiallahu anhu 11 hadits, dari Adh Dhahaak bin Makhlad dari Yazid bin Abiy ‘Ubaid dari Salamah bin Al Akwa radhiallahu anhu 6 Hadits, dari Muhammad bin ‘Abdillah Al Anshaariy dari Humaid Ath Thaawil dari Anas bin Malik radhiallahu anhu 3 Hadits, dari ‘Ishaam bin Khaalid dari Hariz bin ‘Utsman dari ‘Abdullah bin Busyr radhiallahu anhu 1 Hadits, dan dari jalan Khallad bin Yahya dari ‘Isa bin Thahmaan dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu 1 Hadits. Jadi totalnya ada 22 hadits.Afdillah/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Yuk, Ketahui Hak Anak yang Wajib Dipenuhi oleh Orang Tua!

Previous article

Mengintip Cita-cita Abuya Hasan dalam Merintis Perguruan Tinggi

Next article

Comments

Leave a reply