beritaTaslim

Perdalam Ilmu Nahwu-Shorof, Ponpes Dalwa Adakan Munaqosyah

0

Bangil, Dalwa Berita – Pada setiap malam Rabu, para santri Ponpes Dalwa gelar diskusi ilmiah tentang Nahwu-Shorof, Selasa malam (12/6/2023) di Masjid Baitul Ghoffar.

Kegiatan ini bertujuan untuk tingkatkan kualitas santri dalam bidang Nahwu-Shorof.

Kegiatan tersebut dianggap efektif karena santri bisa lebih aktif dengan konsep diskusi.

“Karena ada waktu khusus buat mereka muroja’ah (mengulang pelajaran) dan agar mereka lebih aktif, bukan pasif, seperti dengerin saja, ini kan namanya diskusi dan itu lebih efektif” kata Ustaz Fasihin, salah satu pembimbing diskusi malam itu.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut telah terlaksana dari zaman beliau masih nyantri di Ponpes Dalwa sekitar tahun 2001/2002. Dalam pernyataanya, kegiatan itu merupakan inisiatif langsung dari Abuya Zein Baharun, Pimpinan Ponpes Dalwa sebagai bentuk perhatian beliau kepada para santri.

“Abuya sangat perhatian sekali pada munaqosyah (diskusi) nahwu-shorof, sehingga kalau kita ghoib (absen), besoknya habis zuhur kita dijemur sebagai hukuman,” lanjut beliau.

Diskusi Ilmiah tersebut diharapkan bisa tingkatkan kualitas pemahaman santri dalam bidang Nahwu-Shorof. Dari awal, memang Abuya Zein sangat memperhatikan ilmu Nahwu-Shorof, karena itu merupakan kunci dalam membaca kitab.

“Untuk tingkatkan kualitas santri dalam bidang Nahwu-Shorof, Abuya Zein sangat perhatian pada hal ini, karena ini merupakan kunci untuk baca dan memahami kitab-kitab turos bahasa Arab,” ucap beliau.Taslim/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Resmikan Tahun Ajaran Baru dan Pelantikan Pengurus Pesantren Masa Khidmah 1444/1445 H

Previous article

Jalin Kerjasama Antar Dosen & Mahasiswa, IAI Darussalam Martapura Kunjungi UII Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply