AfdillahberitaEvent Pondok

Peringati Hari Bahasa Arab Sedunia, Ponpes Dalwa Adakan Berbagai Perlombaan

0

Bangil, Dalwa Berita- Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia yang jatuh pada tanggal 18 Desember 2023 kemarin menjadi momen membahagiakan bagi seluruh santri Ponpes Dalwa. Berbagai ornamen-ornamen dan beragam perlombaan dilaksanakan dalam menyambut hari Bahasa Arab.

Pada tahun ini, Departemen Bahasa Arab Ponpes Dalwa berkolaborasi dengan Organisasi santri Dalwa Angkatan Fityanut Tanwir mengadakan 13 jenis perlombaan.

Ketiga belas perlombaan tersebut adalah: Debat bahasa Arab, cerdas cermat, pidato bahasa Arab, pembacaan kitab, insya’ Aroby (mengarang), insyad Aroby (menyanyi bahasa Arab), qiraah ikhbar (baca berita bahasa Arab), membaca syi’ir, tamtsil Muhawarah (drama dengan tema yang ada pada kitab Muhawarah), menghafal kitab Ashriyyah, taqdimul qisshah (menyampaikan cerita), Mading dan teka teki bahasa Arab.

Dari ketiga belas lomba tersebut, 5 diantaranya merupakan lomba yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini yakni tamtsil Muhawarah (drama dengan tema yang ada pada kitab Muhawarah), menghafal kitab Ashriyyah, taqdimul qisshah (menyampaikan cerita), Mading dan teka teki bahasa Arab.

Perlombaan ini sendiri terbagi menjadi 2 bagian; ada yang wajib diikuti oleh masing-masing organisasi daerah (ittihad) dan juga yang wajib diikuti oleh masing-masing kamar. Total dari keseluruhan santri yang ada sudah lebih dari 200-an santri yang mendaftarkan namanya untuk mengikuti lomba tersebut.

Adapun perlombaan ini dilaksanakan selama 2 pekan terhitung sejak tanggal 20 Desember- 4 Januari 2024 mendatang dan dilaksanakan di beberapa tempat yang telah ditentukan oleh panitia.

Ketua panitia perlombaan hari bahasa Arab, Fakrozad berharap agar dengan dilaksanakannya perlombaan ini bisa menjadi kesempatan untuk mencetak generasi masa depan yang mampu menghidupkan bahasa Arab.

“Semoga dengan diadakannya lomba ini kita bisa mencetak generasi-generasi masa depan yang mampu menghidupkan dan mensyiarkan bahasa Arab,” ujarnya kepada Dalwa berita Jumat malam (22/12/2023).Afdillah/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Seminar Ilmiah Perayaan Hari Bahasa Arab Sedunia, Kemukakan Kemuliaan Bahasa Arab

Previous article

Jalin silaturrahmi, Media Ponpes Dalwa ikuti MPJ Fest 2023

Next article

Comments

Leave a reply