beritaEvent PondokEzraKampus

Puncak Peringatan Hari Bahasa Arab, Panitia Adakan Seminar Dua Hari Berturut-turut

0

Bangil, Dalwa Berita – Kamis (23/12/21) panitia peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia Ponpes Dalwa menggelar Seminar Ilmiah di Rusaifah Room, Dalwa Hotel Syariah.

Seminar yang mengusung tema “Menuju Kemajuan Global dan Pengetahuan yang Cemerlang” ini dilaksanakan selama dua hari. Adapun pada hari pertama, dinarasumberi oleh Syekh Dr. Faishol Mahmud Adam as-Sudani, Habib Muhammad bin ‘Alawi al-Haddad dan Ustaz Muhammad Shofi Asnaf.

Syekh Dr. Faishol Mahmud Adam membahas tentang metode penyajian cerita dan dampaknya terhadap pengembangan keterampilan berbicara bahasa Arab. Menurutnya, menyajikan cerita dalam metode pembelajaran adalah salah satu cara mengembangkan bahasa Arab.

“Cerita adalah perantara dan jalan yang paling utama untuk menyemangati para guru dalam mendidik para murid perihal pelajarannya. Sebelum sang murid mengenal bacaan dan tulisan, orang tua bisa mendidik anak-anaknya melalui cerita-cerita,” kata dosen lulusan University of the Holy Quran and Islamic Sciences, Sudan itu.

Kemudian, seminar dilanjutkan oleh Habib Muhammad al-Haddad sebagai narasumber berikutnya. Beliau menyampaikan pembahasan mengenai bahasa Arab sebagai faktor kemajuan dalam bidang keilmuan. Beliau juga berpesan kepada para pelajar di Indonesia agar memaksimalkan pengetahuan bahasa Arab mereka.
Abuya as-Sayyid Muhammad al-Maliki mengatakan kalau orang belajar ilmu agama kemudian dia keluar dari pesantren, tampil di tengah masyarakat, tapi dia tidak bisa menguasai ilmu bahasa Arab, maka itu akan menjadi musibah buat umat Islam,” jelas Habib kelahiran tahun 1983 tersebut saat diwawancarai oleh kru Dalwa Berita.

Irfan, salah satu peserta seminar asal Sumedang mengungkapkan bahwa dirinya berharap agar santri Dalwa bisa menyebarkan bahasa Arab di mana pun tempatnya.

“Tidak bisa dibayangkan ya kesempatan yang bagus ini. Harapan untuk kedepannya semoga santri Darullughah Wadda’wah bisa mengembangkan lughotul ‘arobiyyah di mana pun tempatnya,” ungkapnya.
Seminar pertama yang dimulai dari siang hari ini berakhir pukul 21.30 WIB.Ezra/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Nanti Kita Reuni Lagi

Previous article

Kita Karya Dan Doa

Next article

Comments

Leave a reply