beritaIlham MaulidiRamadhanRedaksi

Rukyatul Hilal Ramadhan 1445 H: Hilal Tidak Terlihat Dari Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita- Tahun ini, Ponpes Dalwa terpilih menjadi salah satu dari 58 tempat lokasi rukyatul hilal di Indonesia. Rukyatul Hilal tersebut dilaksanakan di lantai 11 gedung Mabna Abuya Hasan pada Ahad sore (10/03/2024). Hasilnya, posisi hilal berada di ketinggian 0˚ 36,22’. Dengan elongasi 1˚ 38, 91’. Sehingga hilal dipastikan tidak terlihat.

Sebab menurut kriteria yang telah disepakati oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) bahwa hilal dapat terlihat jika ketinggian hilal telah mencapai 3˚ dengan elongasi 6,4˚

Prosesi melihat hilal atau rukyatul hilal yang dilakukan di Ponpes Dalwa diikuti oleh LFNU Pasuruan, Kemenag Pasuruan, serta beberapa Ponpes dan organisasi masyarakat (Ormas) yang ada.

Sejumlah alat digunakan dalam proses rukyatul hilal. Mulai teodolit, teleskop binokular dan monokular, kompas, GPS dan busur derajat.

Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Pasuruan Ustadz M Rusdi menyampaikan bahwa salah satu faktor dipilihnya Dalwa menjadi lokasi rukyatul hilal lantaran Dalwa memiliki gedung yang tinggi yang bagus untuk melakukan rukyatul hilal.

“Alasan pertama ya dari tingginya tempat, lantai 11 gedung Mabna Abuya Hasan yang ada di Dalwa ini jika dihitung dari permukaan air laut itu berada di ketinggian 75 Mdpl dan ini tinggi sekali, lebih tinggi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Watukosek dan Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan. Jadi lebih bagus untuk pengamatan hilal,” ujar beliau saat diwawancarai oleh Dalwa Berita pada Ahad sore (10/03/2024).

Beliau juga mengungkapkan dipilihnya Dalwa menjadi salah satu lokasi rukyatul hilal sekaligus uji coba, sebab di Pasuruan sendiri untuk mencari tempat yang terbebas dari halang rintang itu sulit sekali karena di sebelah barat selatan itu ada pegunungan (Arjuno) dan kebetulan posisi hilal berada di utara kedua gunung. Tepat kalau dirukyat dari Pesantren Dalwa.

“Untuk azimut hilal Ramadhan besok bernilai 264° 41′. Kebetulan posisi hilal berada di utara kedua gunung. Tepat kalau dirukyat dari Pesantren Dalwa,” kata pria asal Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan itu sebagaimana yang dikutip dari NU Online.

Rencananya, penggunaan lantai 11 gedung Mabna Abuya Hasan sebagai lokasi rukyatul hilal ini bukan hanya pada saat penentuan awal Ramadhan ini  saja, melainkan juga digunakan untuk pengamatan hilal bulan Syawwal besok. Ilham/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Mengenal Ishaq, Peraih Santri of The Year

Previous article

Tengok Pelaksanaan PKL KPI UII Dalwa di Surabaya

Next article

Comments

Leave a reply