Pondok Pesantren

Santri Dalwa Wakili Propinsi Jatim dalam Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional

0
Fraksi PKS DPRD Jatim menggelar semifinal Lomba Baca Kitab Kuning pada Minggu (16/7/2017), bertempat di Kantor DPW PKS Jatim.
            Semifinal lomba ini diikuti oleh 11 peserta yang merupakan pemenang dari Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Dapil se-Jawa Timur. Peserta merupakan perwakilan dari pondok-pondok pesantren di berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur.
            Hadir sebagai juri dalam lomba ini adalah perwakilan Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur. H. Amanullah dan H. Suud Amin M.Pdi sedangkan yang juri ketiga adalah ustad Abdussalam Masykur lc. dari IKADI Jawa Timur.
            Penilaian lomba berdasarkan pada kelancaran membaca, penerjemahan dan pemahaman isi serta maknanya. Selain itu, adab juga menjadi pertimbangan dalam penilaian lomba yang telah dua kali terselenggara ini.

Tujuan acara ini adalah untuk melestarikan khazanah keilmuan Islam dan menjaga agar akhlaqul karimah tetap menjadi budaya dalam masyarakat Jatim.
            Setelah melalui dua babak di semifinal, tampil sebagai juara I adalah Muhammad Al Habib dari Pondok Pesantren Darul Lughoh wad Dakwah Pasuruan. Juara I mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10.000.000 dan maju ke Lomba Baca Kitab Kuning tingkat nasional berhadiah Umroh.
            Berikutnya Juara II adalah Muhammad Asrori dari Pondok Pesantren Mamba’ul ‘Ulum, Bata-Bata Pamekasan. Juara II mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 7.500.000. Sedangkan Juara III diraih Achmad Alif Syaiful Arif dari Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum, Wongsorejo Banyuwangi. Juara III mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5.000.000.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Helat Workshop Menulis Buku untuk Para Guru-Guru

Previous article

Refleksi Kemerdekaan Indonesia, Benarkah Kita Sudah Merdeka?

Next article

Comments

Leave a reply