beritaKampus

Selayang Pandang Al Qudwah; Menanam Benih Qori’-Qori’ Muda Dalwa

0

Pada Ahad malam, 22 Rajab 1439/ 8 April 2018 kemarin, ORSADA (Organisasi Santri Darullughah Wadda’wah) kembali menghadirkan warna baru untuk Dalwa, yaitu komunitas Al-Qudwah. Dengan membaca ummul furqon, Al-Qudwah diresmikan langsung oleh Al-Ustadz Hasan Bashri Muhammad, M.Pd.I. dan didampingi oleh Al-Ustadz Ismail Ayyub, M.Pd.I.
Komunitas rintisan Maulana Syafi’i (Kalimantan Selatan) ini adalah sebuah himpunan santri Dalwa yang bergerak dalam pengembangan tilawatil Quran, khususnya seni baca al-Quran (qiroah mujawwadah). Selain pendalaman ilmu Tajwid, tentunya Al-Qudwah juga menitikberatkan anggotanya dalam pengayaan naghom (irama) dalam membaca al-Quran, seperti bayyati, hijaz, nahawand, dll.
Meskipun baru diresmikan, Al-Qudwah sudah mempunyai lebih dari 200 keanggotaan yang bukan hanya terdiri dari santri Dalwa yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, bahkan dari negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan kamboja.
Saat ini, Al-Qudwah sedang menggarap pembuatan Album Tilawatil Quran yang insya Allah akan dirilis pada Syawal mendatang, serta pembuatan video-video tilawatil Quran yang akan ditayangkan di televisi-televisi swasta pada Ramadhan ini. Dan pada tanggal 2-4 Mei 2018 kemarin, Al-Qudwah menyelenggarakan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) pertama dan Haflatul Qiroah untuk qori-qori muda Dalwa, dan insya Allah akan menjadi ajang tahunan dalam rangka penyaluran minat dan pengembangan bakat para pecinta al-Quran di Dalwa.
Untuk memaksimalkan efektivitas kegiatan, rencananya akan dibentuk dua kamar khusus untuk anggota Al-Qudwah yang berlokasi di Dalwa 4 (bangunan baru) di bawah binaan Al-Ustadz Edi Mahmud dan Al-Ustadz Bahruddin. Selain itu, dalam waktu dekat juga akan dibentuk himpunan cabang Al-Qudwah di lokasi Dalwa 2 dan Dalwa 3.
Al-Qudwah adalah akronim dari Ahlu Qurro’ Darullughah Wadda’wah, yang artinya adalah “Himpunan Keluarga Qori’ Darullughah Wadda’wah.” Kata Al-Qudwah sendiri diambil dari bahasa Arab yang artinya panutan. Dengan harapan, Al-Qudwah bisa menjadi panutan, inspirasi, dan motivasi untuk semua dalam semangat mendalami dan mempelajari beragam ilmu-ilmu al-Quran, khususnya ilmu seni baca al-Quran. By: Ibn Syam’s En-Neija

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Kemeriahan Dalwa Bersolawat dan Lailatut Takrim Tutup Daur Tsani

Previous article

TASMA’ Kali ini bakal ‘Pecceh’

Next article

Comments

Leave a reply